Tips Tentang Cara Mengembangkan Produk Baru


Tips Tentang Cara Mengembangkan Produk Baru
Pengembangan produk menentukan keberhasilan produk dan masa depan perusahaan. oleh sebab itu, perusahaan sepertinya harus selalu melakukan pengembangan produk untuk mengantisipasi perubahan selera konsumen agar tidak merugikan perusahaan atau tertinggal dari persaingan.
Tahap-tahap pengembangan produk adalah;

Mencari ide dari banyak sumber

Dalam menciptakan suatu ide yang baik, tentu saja akan membutuhkan banyak sumber sebagai referensi. Dengan demikian, maka akan terdapat banyak pertimbangan dan solusi. Sehingga, ide yang tercipta juga akan semakin baik dan tepat.

Mengembangkan kemampuan untuk melaksanakan ide

Setelah berhasil menemukan dan menetapkan ide, sekarang adalah saat untuk menganalisa kemampuan. Termasuk semua hal yang berhubungan dengan Kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses). Dengan adanya data tersebut, maka akan tergambar hal-hal yang harus dikembangkan untuk melaksanakan ide yang telah ditetapkan.

Spesifikasi fungsional

Spesifikasi fungsional dalam hal ini merupakan sebuah dokumen yang dapat menjelaskan secara rinci karakteristik produk berkenaan dengan fitur-fitur yang dimaksudkan.

Spesifikasi produk menyangkut bagaimana produk akan dibuat

Spesifikasi produk merupakan uraian atau keterangan dari produk. Dalam hal ini uraian/keterangan tersebut menyangkut dengan 'bagaimana produk akan dibuat'.

Mempertimbangkan persyaratan konsumen

Bila produk tidak sesuai dengan syarat dari konsumen, maka besar kemungkinan produk akan gagal di pasar. Dengan demikian, perlulah sekiranya untuk mengumpulkan data lengkap tentang konsumen (utama) dari produk yang akan dibuat. Data yang terkumpul dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembuatan produk tersebut.

Melakukan Peninjauan disain dan Pengujian pasar

Peninjauan disain ini dimaksudkan untuk mengevaluasi apakah spesifikasi produk tersebut merupakan cara terbaik untuk memenuhi keinginan pelanggan. sedangkan pengujian pasar dilakukan untuk mengetahui apakah produk memenuhi harapan pelanggan.

Perkenalan ke pasar

Perkenalan ini dilakukan setelah melakukan pengujian pasar. Ini adalah tahap dimana, produksi pertama dari produk tersebut mulai dipasarkan. Dengan kata lain, ini adalah tahap promosi produk baru tersebut.

Evaluasi keberhasilan produk

Setelah produk pertama tersebut dipasarkan, langkah berikutnya adalah mengevaluasi keberhasilan produk. Dari semua data yang terkumpul, terutama data tentang penjualan, dapat ditarik kesimpulan, "apakah produksi produk tersebut layak untuk dilanjutkan?, atau apakah harus dilakukan inovasi? apakah perlu dilakukan perbaikan?, atau harus dihentikan?.

Artikel Terbaru: