Tips Mengurangi Hambatan Kemampuan Intelektual


Langkah langkah sederhana yang dapat ditempuh dalam mengurangi hambatan kemampuan intelektual adalah sebagai berikut.

1. Memperhatikan kesehatan fisik.

Kesehatan fisik merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Sebab kesehatan fisik mempengaruhi secara nyata kemampuan intelektual seseorang.

2. Mengembangkan sifat-sifat positif dari diri.

Misal rasa percaya diri, perasaan diri dihargai, dln. Dalam hal ini, peran pihak yang berkewajiban juga sangat penting dalam hal menghindari perasaan cemas, rendah hati, tegang, konflik atau salah, yang dapat dilakukan dengan cara :
  • hindari kecenderungan untuk membanding-bandingkan antara seorang anak dengan lainnya.
  • tekankan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seseorang, bukan kelemahannya.
  • pemberian ujian, latihan, tugas harus dimaksudkan untuk diagnosa, bukan untuk menghukum seseorang yang gagal mencapai harapan-harapan.
  • hindari pelaksanaan latihan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

3. Memperbaiki kondisi motivasi.

sebenarnya motivasi bisa diciptakan oleh diri sendiri dan juga orang lain. Biasanya, seseorang akan termotivasi ketika ia dijanjikan sesuatu jika berhasil dalam suatu hal. Misalkan orangtua yang mengharapkan anaknya berhasil, maka ia juga harus berusaha untuk membantunya, membantu bukan hanya berarti memberi makan atau memfasilitasi saja tetapi juga motivasi. berikan alasan yang cukup kepada anak agar ia percaya bahwa ia mampu, mau atau harus mengembangkan suatu motif. Dalam hal ini pihak yang berkewajiban dan berwenang juga harus memberikan umpan balik terhadap anak dalam rangka mencapai tujuan yang dikehendaki.

4. Menciptakan kesempatan belajar yang lebih baik.

Melalui pemberian kesempatan, memungkinkan kesempatan yang lebih baik bagi seseorang untuk belajar.

5. Memberi rangsangan belajar sebanyak mungkin.

Dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya memberikan masalah dengan bentuk penyajian yang lebih bervariasi, pengajuan pertanyaan yang mampu merangsang pikiran untuk berfikir dan sebagainya.

Artikel Terbaru: