Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat




Ketika anda berencana untuk melanjutkan pendidikan ke dunia perkuliahan, sebagian besar akan mengalami kebingungan. Itu adalah saat-saat anda sibuk memikirkan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Dalam benak, anda akan berfikir, jika memilih jurusan ini, akan jadi apa nantinya?, bagaimana masa depannya?, pilihan ini sudah pas atau belum?, apakah sanggup mengikutinya?, apakah sesuai dengan kemampuan yang ada?, apakah sesuai dengan yang diharapkan?, dan lain-lain.

Maka dari itu, untuk membantu anda memilih jurusan yang akan dipilih nanti, disini ada beberapa tips dan pertimbangan.

1. Pertimbangkan Hasil tes IQ

Ketika berada di bangku sekolah dulu, anda tentunya sudah pernah mengikuti Tes IQ yang diadakan oleh sekolah atau pun pemerintah setempat. Nah, Perhatikan rekomendasi yang terdapat disana. Perhatikan hasil tes IQ tersebut.
Bagi anda yang belum pernah melakukan Tes IQ, anda bisa mengikutinya di berbagai tempat yang menyediakan jasa Tes IQ tersebut.

2. Pertimbangkan hasil belajar waktu sekolah

Perhatikan raport sekolah anda, disana akan tertulis nilai-nilai yang telah diraih semasa mengikuti proses belajar mengajar. Syaratnya, nilai tersebut adalah nilai yang sesungguhnya, bukan nilai mainan.

3. Petimbangkan Bakat, minat dan hobi

Terkadang orang cenderung hanya berpatokan pada Hobi saja, tanpa mempertimbangkan hal lain. terkadang orang yang hobi dengan sesuatu belum tentu memiliki bakat dibagian itu. Terkadang orang yang memiliki bakat dan hobi pada sesuatu, belum tentu terdapat minat yang sesungguhnya di bagian itu.
Oleh karena itu, pertimbangkanlah ketiganya, pikirkan dengan lebih bersungguh-sungguh.

4. Pertimbangkan keinginan (saran) orangtua

Terkadang persetujuan orangtua juga penting untuk keberhasilan anda, termasuk kuliah ini. Ingat, do’a orang tua sangat penting. Jadi jangan sampai orangtua tidak mau mendo’akan anda agar berhasil dengan pilihan yang telah anda pilih tersebut.

5. faktor ekonomi keluarga (orangtua)

Jangan sampai pilihan yang telah anda pilih memberatkan keluarga, terutama orangtua. Perhatikan kesanggupan mereka dalam membiayai kuliah anda. misalnya, jurusan kedokteran, jelas biaya yang dibutuhkan sangat banyak.

6. pertimbangkan perkembangan Dunia (teknologi, ekonomi dan komunikasi)

Sekarang pertanyakan beberapa yang berhubungan dengan perekonomian, untuk menguji apakah pilihan yang telah sahabat pilih sudah layak. Apakah pilihan tersebut sudah sesuai dengan perkembangan teknologi, ekonomi dan komunikasi sekarang dan yang akan datang?. Apak pilihan tersebut sudah lolos ujian tersebut?.

7. Dunia Kerja

Memang benar jika sekarang ini jurusan tidak lagi mempengaruhi jenis pekerjaan. Ada lulusan pertanian yang menjadi manajer di sebuah cabang perbankan, ada lulusan pertanian yang menjadi wirausaha, dan sebagainya.

Namun ada baiknya sahabat juga mempertimbangkan bagian hal ini. Perhatikan kesanggupan dunia kerja untuk menopang tenaga kerja di masa yang akan datang. Apakah peluang kerja itu menjanjikan.

Berdasarkan kenyataannya, dunia kerja lebih dominan berpeluang besar terhadap lulusan yang khusus. Misalnya, akuntansi, pendidikan matematika, dan sebagainya.

8. Bertanya dan meminta Restu Kepada “Yang Maha Esa”

Nah ini, banyak sekali orang yang lupa dengan yang ini. Padahal sudah jelas, bahwa tanpa izin Tuhan, semua tak akan jadi apa. semua yang telah terjadi dan yang akan terjadi sudah diketahui oleh Tuhan, maka dari itu, bertanya dan mintalah restu kepada-NYA.

Artikel Terbaru: