Tips Cara Mengembangkan Produk Usaha


Menciptakan produk baru sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengantisipasi perubahan selera konsumen. Produk baru yang sukses bisa menyumbangkan penjualan bagi perusahaan. perusahaan perlu melakukan disain produk baru meskipun terkadang harus berkali-kali terjadi kegagalan pada saat uji coba ke pasar.

Tahap awal dari penciptaan produk baru adalah dengan brainstorming. Brainstorming yaitu dengan melibatkan tim yang mengemukakan pendapat atau ide secara bebas mengenai objek tertentu. Brainstorming produk baru perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. memahami pelanggan. Sebab pelanggan merupakan pihak yang akan menggunakan produk tersebut. manajer operasi harus peka terhadap kebutuhan konsumen, sehingga perusahaan bisa menciptakan produk yang merupakan kebutuhan konsumen.

2. perubahan ekonomi dapat mempengaruhi tingkat kemakmuran maupun penurunan pendapatan masyarakat yang menjadi konsumen produk. Dengan demikian perusahaan perlu peka terhadap kondisi perekonomian masyarakat secara umum, agar produk baru yang diluncurkan bisa diterima oleh masyarakat dengan golongan yang dipilih tersebut.

Tips Cara Mengembangkan Produk Usaha
3. perubahan sosial dan demografi mempengaruhi disain produk. Sebagai contoh tren penurunan jumlah anak karena keberhasilan program KB, menjadikan penurunan ukuran jumlah keluarga. hal ini memberikan pengaruh terhadap ukuran produk seperti rumah, mobil, dan sebagainya.

4. perubahan teknologi memungkinkan segala macam produk canggih diciptakan. Teknologi ini dapat merambah pada produk-produk komunikasi maupun peralatan kesehatan di rumah sakit. Dengan demikian, hal ini akan membutuhkan disain produk yang dapat memudahkan konsumen dalam kehidupannya.

5. perubahan politik mempengaruhi adanya peraturan-peraturan baru yang berhubungan dengan disain produk.

Artikel Terbaru: