Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Malam


Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk tidur. Malam itu anda sudah berusaha memaksakan diri untuk menutup mata, namun tetap saja tidak bisa. Terkadang anda juga sudah melakukan berbagai cara agar sobat bisa terlelap, namun tetap saja gagal. Lalu sobat bertanya, kenapa sulit sekali buat tidur?. Ya. dan mengapa demikian?. Entahlah!, Tapi tenang kita akan mencoba membahasnya, agar dapat menemukan solusi yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut.

Kita mulai dari malam itu, waktu sobat mengalami susah tidur. Ketika itu, Hari sudah menunjukkan jam yang tidak muda lagi. Sedangkan besok bukan hari minggu atau hari merah. Besok adalah jadwalnya berangkat kerja, berangkat kampus, berangkat sekolah dan sebagainya pada pagi hari. Lalu bagaimana caranya kalau tidak tidur malam ini, otomatis besok pagi pasti bakalan ngantuk. Jika mengantuk di tempat kerja atau di kelas dlln, bisa mengganggu aktivitas sobat. Sehingganya sobat tidak bisa melewati hari esok dengan penuh makna. Apalagi kalau besok ada urusan penting, mungkin ulangan atau ada pertemuan penting dan sebagainya, jelas urasannya makin ribet.

Untuk mengatasinya, sobat berusaha memaksakan mata untuk tidur. Bahkan sobat juga sudah membeli obat lelap untuk membantu. Namun, terkadang tetap saja hasilnya sama. Sobat juga sudah melakukan langkah – langkah berikut dengan benar:
berolahraga tadi pagi atau siang atau sorenya
tidak tidur di siang atau sore hari
tidak minum kopi di malam hari
menghindari makanan dan minuman yang bisa membuat susah tidur
berhenti menggunakan komputer beberapa menit sebelum tidur
menyediakan tempat tidur yang bersih dan nyaman
minum air putih beberapa menit sebelum tidur
mungkin! makan yang banyak, biar bikin ngantuk
tidak merokok ketika mau tidur
Mencuci tangan, kaki, dan muka sebelum berbaring
dan sebagainya
Apa itu kurang?, tidak, itu sudah Siip. Lalu apa setelah itu?, sobat bisa tidur?. Biasanya sih sudah bisa. Namun ada juga sebagian orang tetap saja tidak bisa tidur. Lalu bagaimana selanjutnya?, jika tetap tidak bisa tidur walaupun sudah melakukan hal – hal seperti di atas?.

Pertama, adalah mencari sebab dan alasan sobat tidak bisa tidur. Sebenarnya kendala yang menyebabkan susah tidur tersebut sangat simpel. Kendala tersebut dapat di ungkapkan melalui beberapa pertanyaan berikut ini:
Apa masalah yang sobat alami hari ini atau sebelum hari ini?.
Apa yang membuat sobat resah malam ini, akan datangnya hari esok?.
Apa yang belum terselesaikan hari ini atau sebelum hari ini, ?
Apa kesalahan yang sobat lakukan hari ini atau sebelum hari ini?
Itulah yang menyebabkan sobat menjadi susah tidur. Pertanyaan pertama, misalkan jawabannya, hari ini sobat dapat nilai jelek saat ujian, lalu orang tua marah habis - habisan. Pertanyaan kedua, misalkan jawabannya, besok adalah hari ujian Nasional, sedangkan selama ini sobat tidak melakukan usaha apapun. Pertanyaan ketiga, misalnya tadi siang sobat tidak sengaja membawa barang berharga orang lain, dan belum sempat mengembalikannya. Pertanyaan keempat, sobat dapat nilai 0 (nol) saat ujian, karena tidak belajar, dan itu merupakan masalah besar bagi sobat. Nah, itu dia penyebabnya.
Inti dari semua itu adalah beban pikiran yang sobat pikul di malam ini. Semua permasalahan yang telah terjadi atau akan di rasa akan terjadi, akan menjadi beban pikiran. Beban pikiran tersebut selalu ada dalam pikiran, dan tidak pernah lepas dari pikiran. Bahkan sampai sobat mau tidur pun pikiran sobat masih belum melepaskannya. ibarat semak dalam pot bunga. Akhirnya sobat mengalami kesusahan untuk tidur.
LALU BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?
Sebenarnya jawabannya simpel saja, LEPASKAN BEBAN PIKIRAN!. Loh persoalannya, melepaskan beban pikiran itu yang sulit. Nah, jika itu jawabannya, berarti sudah jelas, bukan tidurnya yang susah, Tapi, melepaskan beban pikiran itu yang sulit.
TERUS BAGAIMANA?
Sekarang coba langkah – langkah sederhana berikut:
Sebelum tidur, cobalah untuk melihat hal – hal yang menyejukkan mata, membuat ketawa, membuat hati terasa bahagia. misalnya, menonton film kartun, atau video lucu, atau pergi ke tempat yang menghibur, dan sebagainya. Semua itu bisa membuat beban pikiran menjadi hilang. Sobat juga bisa melakukan hal lain, yang menurut sobat mungkin bisa menghilangkan beban pikiran, walau hanya untuk malam ini saja.

Sekarang lakukan beberapa hal sederhana seperti di atas tadi. Pertama mencuci tangan, kaki dan wajah. Setelah itu mulailah melangkah ke tempat tidur dan berbaringlah. Sembari berbaring, cobalah untuk buka HP, dan cari teman yang mampu bikin tersenyum – senyum atau bahkan ketawa untuk di ajak chatting atau BBM-an. Ini ibarat pudding di waktu makan malam. Atau sebut saja pengantar tidur atau dongeng sebelum tidur.
Setelah beberapa menit kemudian mulailah untuk perlahan – lahan memberi jeda membalas chattingg atau BBM tersebut dengan teman sobat, tapi jangan mengakhirinya.
Setelah itu tidurlah, tanpa berfikir kalau sobat akan tidur. Artinya hilangkan kesadaran kalau sobat sekarang sudah ngantuk dan akan terlelap seketika.

Post Title
Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Malam
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?