Tips Cara Mengatasi Cemburu Dan Dicemburui



Sebelum membahas lebih jauh, tentu kita harus tahu apa sih arti cemburu itu sebenarnya?...cemburu merupakan refleksi seseorang terhadap dirinya, bagaimana ia memandang hidupnya, dan apakah ia merasa percaya diri dengan keadaannya.

Seseorang akan cemburu ketika ia merasa terancam atau ia tidak mempunyai kelebihan dibandingkan dengan orang lain yang ia cemburui.

Rasa cemburu juga bisa berubah menjadi kecurigaan kronis, hingga terkadang di luar akal sehat. Tidak hanya pada kisah percintaan, namun kecemburuan juga terjadi dalam berbagai sisi lainnya seperti halnya kecemburuan financial. Kecemburuan financial terkadang lebih mengarah kepada hal-hal yang bersifat negative.

Untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan:

1. Mengakui kalau anda memang cemburu

Sebagian besar orang tidak mau mengakui kecemburuannya, malah menutupinya dengan emosi pengalihan seperti kemarahan, frustasi atau dendam. Padahal dengan melakukannya anda justru menanamkan benih kedengkian, yang dapat berimbas buruk pada kesehatan mental anda.

Tips Cara Mengatasi Cemburu Dan Dicemburui2. Anda perlu menanyakan pada diri sendiri, apa yang menyebabkan anda cemburu.

Ketahuilah, rasa cemburu lebih sering datang ketika anda merasa seseorang memiliki suatu yang anda inginkan, bukan sesuatu yang anda butuhkan. Karena itu cobalah membuat daftar hal yang sudah anda miliki dan anda banggakan. Tanamkan kebanggaan itu di dalam benak anda agar apresiasi diri dapat terdongkrak.

3. Jika anda cemburu, tidak ada salahnya mengutarakan langsung rasa cemburu itu pada orang yang bersangkutan.

Meskipun hal itu sangat mencoreng gengsi anda, tetapi dengan melakukannya anda akan terlepas dari penjara mental. Percaya atau tidak, orang lain pun akan lebih menghargai anda, yang bisa berbesar hati.

Nah, itu jika seandainya andalah yang sedang dilanda kecemburuan, bagaimana kalau anda yang dicemburui?.....
Yang jelas jika anda yang sedang dicemburui anda tidak perlu merendahkan diri anda ataupun meninggikan diri anda terhadap orang mencemburui anda. Bersikap wajarlah serta jujur pada diri sendiri. Tanamkan dalam benak anda bahwa roda kehidupan selalu berputar. Berikut tips agar tak dibutakan rasa cemburu:

1. Kenali kekuatan diri

2. Jangan selalu membandingkan diri anda dengan orang lain, karena semua orang memiliki kelebihan tersendiri.

3. Yakinkan diri anda bahwa pasti akan datang masanya anda mencapai kesuksesan, karena itu jangan berhenti berusaha dan berdo’a.

4. Gunakan rasa cemburu sebagai pemicu keberhasilan. Pikirkan jika orang lain bisa, maka kita juga pasti bisa.

5. Jika kecemburuan anda terpancing karena seseorang yang terus menerus membanggakan-banggakan dirinya dihadapan anda, lebih baik anda menghindar. Jangan sampai terpancing, karena itu hanya akan merugikan diri sendiri.

Kesimpulannya, kecemburuan itu sebenarnya merupakan salah satu hal yang bisa kita jadikan sebagai sebuah motivasi untuk diri kita agar sesegera mungkin mencapai kesuksesan yang kita inginkan. Kecemburuan akan menjadi sebuah motivasi jika kita mengarahkan kecemburuan itu kearah yang positif. Namun sebaliknya jika kecemburuan itu mengarah ke hal yang bersifat negative, itu hanya akan menambah beban mental bagi kita, yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan jiwa hingga kesehatan jasmani diri kita.

Artikel Terbaru: