Tips Cara Memulai Hidup Sehat Alami


Tips Cara Memulai Hidup Sehat Alami
Semua orang sudah pasti menginginkan hidup sehat. Begitu juga dengan kita. Namun terkadang kita lupa  untuk melakukanya karena banyak hal yang tidak bisa kita hindari. Hal itu seperti rasa malas, kesibukan sehari-hari, pekerjaan dan lain sebagainya. Namun tidak ada salahnya jika kita mulai belajar untuk hidup sehat.  Berikut tips sederhana bagi anda yang ingin memulai hidup sehat.

1. Kenali kondisi fisik yang sesungguhnya

Cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan memeriksa diri kelaboratorium dan melakukan pemeriksaan dengan dokter yang ahli. Dengan melakukan pemeriksaan ini, kita akan mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita, misalnya kita terkena tekanan darah tinggi atau  kadar kolesterol yang tinggi dlln. Lalu konsultasikan bagaimana cara mengatasinya dengan yang ahli di bidangnya.

2. Rencanakan langkah dan tahapan yang realistis

Rencana yang berlebihan hanya akan menambah beban dan bahkan menjadi sumber stres tersendiri, yang membuat kita tidak terpacu melakukan apa yang telah kita rencanakan dan tidak sesuai dengan yang telah ditargetkan.

3. Jalankan latihan fisik secara teratur

Bentuk latihan fisik itu diantaranya seperti, Berolahraga, fitnes, jogging,  dlln. Sesuaikan porsi latihan dengan kebutuhan. Kelebihan porsi latihan juga tidak baik bagi kesehatan badan.

4. Ubah pola makan dan beri waktu istirahat

Pola makan yang tidak teratur juga tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, aturlah jadwal makan anda. Dalam sehari hendaknya makan sebanyak tiga kali ( pagi, siang, malam).  Sesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda memerlukan nutrisi yang lebih, tambahlah jumlah makan anda dalam sehari. Makan tanpa henti dan istirahat juga tidak baik.

5. Kembangkan pikiran dan sikap positif

Pikiran yang positif akan berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh. Begitu juga dengan pikiran negatif pun akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan jiwa dan raga. Hendaklah selalu berfikiran positif dan hindari pikiran yang berakibat buruk terhadap kesehatan jiwa dan raga.
Cobalah Lupakan segala keluh kesah anda pada masa dulu. Sekarang, saatnya mulai segala sesuatu yang baru dengan menggunakan kekuatan pikiran. Rubahlah semua hal dan pikiran negative yang masih mengganggu dan meresahkan. Kendalikan semua itu menjadi hal yang positif atau memberikan pengaruh positif dengan menggunakan kekuatan pikiran anda.
Tips Cara Memulai Hidup Sehat Alami
Para ahli sepakat bahwa kekuatan pikiran manusia rapuh dan goyah. Oleh karena itu, kekuatan pikiran kita haruslah diperkuat.

Lalu bagaimana caranya?. Sebenarnya mudah saja.  Masukanlah hal-hal yang positif secara terus-menerus dan berkelanjutan. Buang semua imajinasi negative dari pikiran.
Kekuatan pikiran sangatlah dahsyat, jadi apabila anda tidak dapat menjinakan kekuatan pikiran, andalah yang akan dikendalikan. Intinya anda hanya akan mendapatkan masalah. Namun sebaliknya jika anda berhasil menjinakkan pikiran anda, maka itu akan membantu anda menyelesaikan masalah anda yang sedang anda hadapi.
Kekuatan pikiran juga diperlukan untuk menjalani  gaya hidup sehat. Untuk hal ini yang perlu dilakukan dan menjadi permasalahan utama yang harus dirubah adala mindset.
Mindset berkaitan dengan kebiasaan yang kita miliki dan jalankan sehari-hari.  Merubah mindset termasuk dalam upaya menjalani pola hidup sehat, diperlukan pengetahuan dan pengendalian diri. Disinilah letak kekuatan pikiran itu berperan dan memberi pengaruh yang hebat.
Kita perlu menanamkan pikiran hanya dengan hal-hal yang positif dan bersifat optimis. Dengan demikian anda akan menggeser lapisan pikiran yang bersifat negative yang berdampak buruk bagi kesehatan dan hidup anda.
Ketika anda mengisi pikiran anda dengan hal-hal yang positif anda akan merasakan energy positif yang mengelilingi anda yang akan membantu anda mewujudkan apa yang ingin anda raih.
Maka untuk tahun ini, bulan ini, hari ini dan seterus raihlah jiwa raga yang sehat, dengan kekuatan pikiran yang sehat pula.

6. Stress dipercaya dapat menurunkan imunitas tubuh

Beban pikiran yang berlebihan akan menimbulkan stress. Stres yang berlebihan dipercaya dapat menurunkan imunitas tubuh. Maka, Karena itu kita perlu lebih banyak berfikir dan bertindak secara positif, sebagai salah satu cara agar kita dapat mengelola stress tersebut dengan baik.

7. Pertahankan pola makan yang baik

Sebuah perilaku dapat menjadi sebuah kebiasaan bila dijalankan secara terus menerus. Oleh sebab itu lakukanlah latihan fisik yang disertai dengan perubahan pola makan dan istirahat secara teratur untuk jangka waktu yang panjang. Terapkan pula sikap positif dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi  bagian yang tidak lagi terpisah dari diri kita. Bahkan bulatkan komitmen pada berbagai hal ini, agar tidak mudah beralih untuk kembali ke kebiasaan  hidup yang kurang baik lagi. Seperti halnya merokok pada pagi yang merupakan kebiasaan banyak pria perokok. Maka untuk menghilangkanya lakukanlah secara bertahap agar bisa berhenti dari kebiasaan merokok terutama pada pagi hari sehabis bangun tidur.

8. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Dengan melakukan pemeriksaan, diharapkan potensi gangguan dalam tubuh dapat diintervensikan lebih dini. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan dengan para ahli dibidang kesehatan yang sudah dipercayai.
Perlu diingat, untuk membentuk/merubah/menghilangan suatu kebiasaan akan membutuhkan waktu minimal 3 bulan, itu pun jika kita melakukannya secara teratur dan terus menerus. Maka dibutuhkan komitmen untuk mengubah kebiasaan yang buruk tersebut.  Intinya, jika mau berusaha dan berdo’a, semua yang kita inginkan akan tercapai.

Artikel Terbaru: