Tips Cara Membaca Label Nutrisi Makanan


Tips Cara Membaca Label Nutrisi Makanan
 Agar anda terhindar dari makanan-makanan yang bikin ketagihan yang berimbas buruk terhadap kesehatan anda, ada baiknya anda mencermati label nutrisi makanan tersebut.  Namun sangat disayang masih banyak orang yang tidak suka mencermati label nutrisi tersebut, mungkin karena belum memahami cara membaca label nutrisi dengan benar. Nah, Berikut tips panduannya:

1. Takaran saji

Jumlah yang tercantumpada bagian ini adalah informasi mengenai hal yang paling kritikal, yang harus anda cermati, karena sangat menentukan angka-angka lain dibawahnya. Takaran saji merujuk pada ukuran penyajian standar, dan beberapa penyajian yang dimuat dalam satu kemasan tersebut.

2. Lemak jenuh dan lemak trans

Lemak yang tercantum dalam label nutrisi adalah lemak total, lemak jenuh dan lemak trans. Jumlah ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama jika anda sedang berdiet.

3. % nilai harian

Disamping lemak jenuh,karbohidrat sodium dan serat, terdapat persentase nilai harian. Angka tersebut merujuk pada persentase kandungan nutrisi yang direkomendasikan per harinya, berpatok pada pola diet 2.000 kalori perhari.

4. Serat

Jumlah serat makanan sangat perlu diperhatikan. Pakar gizi menyarankan agar kita mengasup 35-38 gram serat perhai. Sayangnya , sebagian besar orang bahkan tidak mampu mencukupi setengah jumlah tersebut.

5. Sodium

Kandungan sodium atau garam perlu mendapat  perhatian, karena terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan penyakit jantung dan risiko hipertensi.

6. Gula

Cermati varisi gula yang terkandung dalam sebuah produk makanan, karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meninggikan kalori tanpa meingkatkan asupan nutrisi.

7. Vitamin dan mineral

Label nutrisi biasanya mencantumkan julmah vitamin a dan c, kalsium, dan zat besi. Tetapi, jika anda terbiasa mengonsumsi bauh-buahan, sayuran,gandum utuh dan produk susu rendah lemak atau jika anda mengonsumsi supplement, jumlah yang tercantum mungkin berpengaruh banyak terhadap kebutuhan anda.

Post Title
Tips Cara Membaca Label Nutrisi Makanan
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?