Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien


Dalam proses belajar yang efektif dan efisien diperlukan beberapa hal berikut.

perlu adanya bimbingan

Disamping memberi petunjuk-petunjuk tentang cara-cara belajar, diperlukan juga fungsi pengawasan dan bimbingan sewaktu mereka belajar. bahkan hasilnya bisa lebih baik lagi kalau cara-cara belajar tersebut dipraktekkan dalam setiap pelajaran yang diberikan.

Memperhatikan kondisi dan strategi belajar


Dalam meningkatkan kemampuan belajar yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan cara belajar yang lebih efektif tersebut perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

A. Kondisi internal,

yiatu situasi yang ada di dalam diri mereka, misal kesehatan, keamanan, ketentraman, dan sebagainya. Sebab faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan internal mereka.

B. Kondisi eksternal,

yaitu kondisi yang ada diluar diri pribadi manusia, misal kebersihan rumah, penerangan, lingkungan fisik dan sebagainya.

C. Strategi belajar,

belajar yang efisien dapat tercapai bila dapat menggunakan strategi belajar yang tepat. Strategi diperlukan untuk dapat mencapai hasil yang semaksimal mungkin.

Metode belajar

merupakan suatu cara yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Secara, belajar bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan, sikap, kecakapan, dan keterampilan. Setelah dikembangkan, cara-cara yang dipakai itu akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan belajar tersebut akan mempengaruhi belajar itu sendiri. Metode belajar tersebut dapat mencakup beberapa hal, sebagai berikut:

A. Pembuatan jadwal dan pelaksanaannya.

Jadwal merupakan pembagian waktu untuk sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh seseorang setiap hari. Jadwal tersebut berpengaruh terhadap belajar. agar belajar dapat berjalan dengan baik dan berhasil, maka perlu sekiranya mereka mempunyai jadwal yang baik dan melaksanakannya dengan lebih disiplin.

B. Membaca dan membuat catatan.

Membaca jelas memberi pengaruh yang besar terhadap belajar. hampir sebagian besar kegiatan belajar adalah membaca. Agar mampu belajar dengan baik maka hendaknya membaca dengan baik pula, sebab membaca adalah alat belajar. begitu juga dengan mencatat, yang juga memberi pengaruh besar terhadap belajar. catatan yang tidak jelas, dan tidak teratur antara materi yang berbeda akan menimbulkan rasa bosan dalam membaca, selanjutnya belajar menjadi kacau. Catatan tersebut pada umumnya hanya untuk menuliskan bagian yang penting saja, yang terpenting adalah mudah untuk digunakan ulang.

C. mengulangi bahan pelajaran.

Bahan pelajaran yang mudah dilupakan atau belum dikuasai dengan melakukan pengulangan dapat tetap tertanam dalam memori. Sebenarnya, bukan hanya tentang membacanya kembali tetapi mempelajari kembali.

D. Konsentrasi.

Merupakan pemusatan pikiran terhadap sesuatu dengan mengkesampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Konsentrasi ini berpengaruh besar terhadap belajar. sebab seseorang yang mengalami kesulitan berkonsentrasi, jelas belajarnya akan sia-sia. Dapat dikatakan, berkonsentrasi adalah kunci untuk berhasil dalam belajar.

E. mengerjakan tugas.

Salah satu prinsip belajar adalah ulangan dan latihan. Maka, agar berhasil dalam belajar, perlu kiranya untuk mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Artikel Terbaru: