Tips Cara Alami Mengatasi Penyakit Diare


Tips Cara Alami Mengatasi Penyakit DiareDiare biasanya sering terjadi ketika musim penghujan datang. Oleh karena itu kita hendaknya selalu menjaga kesehatan badan dari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit diare.
apa yang dimaksud dengan Diare..?
Diare adalah.......
1. perubahan frekuensi buang air besar (BAB) yang  menjadi lebih sering ,
2. atau perubahan konsisten tinja menjadi lebih cair
3. atau bisa juga keduanya.
Diare biasanya disebabkan oleh faktor-faktor diantaranya:
1. Infeksi bakteri
2. Virus atau parasit
3. Konsumsi makanan tertentu
4. Alergi
5. Obat tertentu
6. Terapi radiasi
7. Dan penyakit yang menyerang usus
Apabila terjadi keram  perut disertai  keluarnya tinja yang cair dan lebih sering  buang air dari biasanya,itu  artinya kita harus mewaspadai bahwa diare tersebut sudah datang menyerang.

Sudah seringkali dikatakan, walau bagaimana pun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Maka sebelum terkena penyakit diare ada baiknya kita selalu berjaga-jaga. Jangan sampai kita dan keluarga terkena sakit diare. Nah... untuk mencegah diare terutama pada musim penghujan datang sebaiknya kita menghindari hal-hal seperti:

1. Hindari jajan sembarang tempat

Banyak sekali makanan-makanan yang dijual diberbagai tempat yang tidak terjamin akan kebersihan makanan tersebut. Makanan yang tidak steril tersebut merupakan salah satu penyebab penyakit diare.

2. Hindari bermain saat banjir, khusunya anak-anak

Anak-anak umumnya sangat senang bermain pada musim hujan. Hujan-hujanan di halaman rumah atau di tempat lain sudah menjadi kebiasaan mereka. Maka dari itu, hendaklah orangtua melarang dan mengawasi mereka untuk bermain.

Apabila kita sudah terkena penyakit diare, ikutilah beberapa tips dibawah ini untuk mensiasati diare agar tidak mengganggu aktivitas kita sehari-hari:

1. Konsumsi lebih banyak air putih

Saat diare tubuh terus mengeluarkan cairan akibatnya terjadi kekurangan cairan didalam tubuh.  Namun dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih dapat membantu  tubuh untuk mengatasi kekurangan cairan yang terjadi.

2. Hindari makanan yang dapat memperparah diare

Sebisa mungkin hindarilah  makan makanan yang dapat memperparah diare, misalnya makanan yang pedas, makanan yang terasa asam, dan lain-lain.

3. Istirahat yang cukup

Saat diare tubuh akan terasa lemas dan kurang bertenaga. Maka istirahatlah yang cukup agar tenaga pulih kembali. istirahat yang cukup juga dapat mempercepat proses penyembuhan.

4. Minum obat jika diperlukan

Selain minum air putih yang banyak, kita juga dapat mengkonsumsi obat –obat yang  dibutuhkan. tetapi ingat, patuhi aturan-aturan dalam meminum obat dan lihat juga dosisnya.

5. Konsultasi dokter

Bila seandainya diare semakin parah, tubuh terasa semakin bertambah lemas, hendaklah segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak semakin parah.

Artikel Terbaru: