Tips Cara Agar Proses Belajar Berjalan Baik


Kita tidak hanya harus cerdas dan tau cara untuk belajar tersebut. Namun juga berbicara tentang sikap hidup dan watak atau sifat. Lalu sifat-sifat apa saja yang dibutuhkan ketika hendak belajar tersebut. berikut ini dijelaskan beberapa sifat-sifat yang hendaknya dimiliki dalam proses belajar.

1. Kerajinan dan Ketekunan

Jika hendak belajar, maka kerajinan dan ketekunan harus ada. Tiap manusia memiliki sifat malas. Maka sifat malas ini hendaknya dapat disembunyikan terlebih dahulu. Selain itu, ketika akan belajar, hendaknya mahasiswa berdo’a kepada Tuhan agar diberi karunia kerajinan dan ketekunan itu. Apa sebabnya?.

Dalam tiap-tiap pelajaran terdapat bagian-bagian sulit, yang membangkitkan kecenderungan untuk menghentikan pelajaran itu, hingga terkadang menghilang dari berjuang. Tiap mahasiswa sering dilanda periode kalah semangat, dimana ia ingin sekali menghentikan pelajarannya. Padahal setiap pelajaran mempunyai bagian-bagian yang tidak menarik dan membosankan.

Bagian-bagian membosankan tersebut hanya dapat diatasi dengan kerajinan dan ketekunan. Maka bertekun adalah amanat dalam hal ini. Dan bagi mereka yang bertekun akan mengalami, bahwa tiap mata pelajaran banyak sekali terdapat hal-hal yang dapat menimbulkan semangat kita serta membuka perspektif-perspektif yang amat menarik.

2. Kesabaran

Dalam belajar, sifat sabar juga harus dimiliki. Untuk dapat mendalami maksud buku, pendapat atau pokok persoalan, dibutuhkan kesabaran. Mahasiswa harus menyediakan waktu yang seluas-luasnya untuk belajar. Kalau tidak, tentu tidak akan memperoleh suatu pengertian dalam mendalami dan memperluas masalah-masalah itu.

3. Kesetiaan

Orang yang ingin menuntut pelajaran mau tidak mau harus setia terhadap hal-hal yang kecil. Jika menuntut suatu pelajaran biasanya kita ingin cepat tamat, cepat selesai, sebisa mungkin dalam sekejap mata saja sudah sampai puncak. Tetapi mereka sering lupa, bahwa untuk dapat maju, harus mulai pada permulaannya, bahwa untuk mencapai puncak terlebih dahulu harus mendaki dari bawah. Oleh karena itu, jelas kesetiaan adalah hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang ingin belajar. Sekalipun itu hanya kesetiaan yang kecil sekalipun, juga dibutuhkan dalam belajar.

4. Keberanian

Diantara sifat-sifat yang baik yang diperlukan oleh mereka yang ingin belajar, adalah sifat keberanian. Keberanian dalam berpendapat, keberanian dalam mengoreksi pendapat orang lain, keberanian melakukan penyelidikan secara luas dan mendalam dan sebagainya. Selain itu, mereka juga harus berani untuk di kritik, berani dicela, dan berani pula mempertahankan apa yang telah dilakukannya.

5. Kejujuran dan ketelitian

Salah satu sifat yang paling diperlukan dalam ilmu pengetahuan adalah kejujuran. Yaitu kejujuran yang berdasarkan penyelidikan yang teliti. Orang yang kurang berpendidikan sering hidup dengan dan dari tanggapan-tanggapan dan semboyan primitif. Biasanya ditandai dengan sifat yang tidak mau untuk disalahkan. Mereka juga terkadang tidak mau untuk memperbaiki diri agar mendapatkan yang lebih baik lagi. Begitulah pentingnya kejujuran dan ketelitian dalam proses belajar.

Post Title
Tips Cara Agar Proses Belajar Berjalan Baik
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?