Syarat Menggunakan Metode Mengajar Yang Baik


Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh pengajar atau instruktur. Dalam bahasa lainnya, mengajar dapat di artikan sebagai teknik penyajian yang dikuasai oleh pengajar untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada anak didiknya. Apabila pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh mereka dengan sebaik-baiknya, maka dapat dikatakan metode belajar mengajar yang digunakan adalah baik. Sebab makin baik metode mengajarnya, maka semakin baik pula pencapaian tujuan belajar tersebut.

mengajar
Dalam penggunaan satu atau beberapa metode mengajar tersebut, ada beberapa syarat-syarat yang hendaknya menjadi perhatian. Berikut syarat-syarat yang perlu diketahui dalam menerapkan metode mengajar.

1. Metode mengajar yang dipergunakan dapat membangkitkan motif, minat atau gairah belajar murid.

2. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribadian murid.

3. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat memberikan kesempatan bagi murid untuk mewujudkan hasil karya mereka.

4. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi.

5. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mendidik murid dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.

6. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat mentiadakan penyajian yang bersifat verbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yang nyata dan bertujuan.

7. Metode mengajar yang dipergunakan harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara kerja yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Terbaru: