Syarat & Ketentuan Naik Pesawat Terbang


Syarat Ketentuan Naik Pesawat Terbang
Syarat-Syarat atau ketentuan-ketentuan dari berbagai maskapai penerbangan itu berbeda-beda. Namun standar yang diberlakukan masing-masing maskapai adalah sama. Standar tersebut tentu telah diatur oleh undang-undang atau peraturan yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan. Intinya semua kebijakan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan berpatokan pada undang-undang atau perundangan yang berlaku.

Artikel ini hanyalah sekedar tips dan gambaran syarat-syarat atau ketentuan-ketentuan yang diberlakukan maskapai penerbangan.

Hal-hal yang harus diperhatikan di hari HA melakukan keberangkatan diantaranya :
  1. Penerbangan Domestik, hendaknya datang 90 menit sebelum keberangkatan. Penerbangan internasional hendaknya datang 2 jam sebelum keberangkatan.
  2. Lakukan Chek-in selambat-lambatnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang tertera pada tiket anda.
  3. Hendaknya tiba di gerbang keberangkatan atau ruang tunggu penumpang selambat-lambatnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket anda. Jadi apabila terjadi percepatan waktu penerbangan, anda tidak ketinggalan pesawat. Apabila ketinggalan pesawat anda, tentu itu adalah masalah yang membuat anda kerepotan.
  4. Anda diperbolehkan membawa bagasi kabin dengan berat maksimum 7 kg. Lebih dari itu biasanya mendapat biaya tambahan.
  5. Jadilah penumpang yang baik. Baca syarat-syarat yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan anda.
  6. Ikuti ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan anda. Mulai dari anda masuk bandara hingga anda berada didalam pesawat.
  7. Ketika anda berada didalam pesawat. Ikuti aturan-aturan yang diberitahukan oleh awak kabin yang ada disana.
Di atas adalah syarat yang umum, yang diberlakukan oleh semua maskapai penerbangan.

Apabila anda ingin melakukan pengubahan jadwal penerbangan, pengubahan nama atau pembatalan penerbangan, hendaknya perhatikan ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangannya. Biasanya syarat atau ketentuan tersebut ditentukan oleh syarat masing-masing kelas tiket. Syarat atau ketentuan tersebut mungkin berbeda-beda, tergantung kepada kebijakan yang diberlakukan masing-masing maskapai penerbangan.

Hal-hal yang harus anda perhatikan untuk refund yaitu:
  1. Hendaknya lakukan refund selambat-lambatnya 48 jam sebelum jadwal keberangkatan anda. Ketentuan tergantung kepada kebijakan yang berlaku pada masing-masing maskapai penerbangan. Ada beberapa maskapai yang mungkin masih menerima refund 2 jam atau kurang sebelum waktu keberangkatan. Namun,untuk berjaga-jaga lakukan selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan,makin cepat makin baik.
  2. Biasanya biaya atau fee yang harus dibayar tergantung kepada kebijakan maskapai penerbangan. Namun yang perlu diingat adalah semakin mendekati waktu keberangkatan semakin besar fee yang harus dikeluarkan.
  3. Jika maskapai penerbangan melakukan pembatalan penerbangan secara sepihak karena alasan tertentu anda akan mendapat refund100%.
  4. Untuk melakukan refund hubungi pihak yang bertugas untuk melayani proses refund anda. Biasanya tempatnya dimana anda membeli tiket. Jika anda membeli tiket secara online, kunjungi kembali website tersebut, lalu ikuti prosedurnya.
  5. Info yang lebih lengkap kunjungi/hubungi website atau kantor dimana anda membeli tiket tersebut.
Hal-hal yang harus anda perhatikan untuk pengubahan jadwal dan perubahan nama penumpang, diantaranya:
  1. Hendaknya lakukan selambat-lambatnya 48 jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga agar tidak bermasalah. Masing-masing maskapai penerbangan memberlakukan kebijakan yang berbeda-beda. Ada juga yang masih menerima perubahan nama penumpang atau pengubahan jadwal keberangkatan 2 jam sebelum keberangkatan.
  2. Biaya yang dikeluarkan atau fee tergantung kepada ketentuan yang diberlakukan masing-masing maskapai penerbangan.
  3. Biaya yang dikeluarkan atau fee tergantung juga kepada waktu. Semakin mendekati waktu keberangkatan semakin banyak fee yang harus dibayar.
  4. Ada beberapa maskapai yang memberlakukan biaya administrasi untuk hal ini.
  5. Biasanya untuk melakukan pengubahan jadwal penerbangandan pengubahan nama penumpang dilakukan dengan mengubungi pihak maskapai secara langsung. Pihak yang dapat dihubungi tertera didalam tiket.
  6. Info lebih lengkapnya hubungi/kunjungi pihak terkait.
Pembahasan diatas hanyalah gambaran secara umum tentang ketentuan-ketentuan yang diberlakukan. Tentu masing-masing maskapai memberlakukan ketentuan-ketentuan yang berbeda-beda. Informasi yang lebih lengkap, silahkan anda hubungi pihak-pihak yang dapat anda hubungi.

Artikel Terbaru: