Punya Masalah Dengan Jerawat? Coba Tips Alami Ini


Tips Cara Alami Mencegah Jerawat

Tips Cara Alami Mencegah Jerawat
- Sebelum masuk ke tips mencegah dan mengatasi jerawat, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebab yang mungkin memicu tumbuhnya jerawat. Sebab tersebut mungkin adalah;
Kurang menjaga kebersihan diri
Sering Mengkonsumsi makanan yang perlu dihindari
Bakteria
Kurang mengkonsumsi makanan alami dan sehat
dan Lainnya.
Untuk mengatasi sebuah masalah (anggaplah jerawat ini sebagai masalah) tentunya kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya masalah tersebut. Nah berdasarkan beberapa sebab terjadinya masalah tadi, Ini dia tipsnya:

1. Melaksanakan shalat

Kok shalat?, apa hubungannya?.
Sebelum anda shalat, pastinya anda terlebih dahulu harus melakukan wudhu (berwudhu).
“Menurut bahasa, Wudhu artinya Bersih dan Indah. sedangkan menurut istilah (syariah islam) artinya menggunakan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu yang dimulai dengan niat guna menghilangkan hadast kecil. Wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat (orang yang akan sholat, diwajibkan berwudhu lebih dulu, tanpa wudhu shalatnya tidak sah”

Katanya, wudhu sekali sama artinya anda mandi sekali.
Sedangkan, shalat wajib itu ada 5 kali. Berarti dalam sehari anda mandi 5 kali. Belum lagi ditambah dengan shalat sunat lain yang anda kerjakan. Belum lagi ditambah dengan mandi biasa yang anda lakukan.
Kalau boleh menghitung akan jumlah mandi anda dalam satu hari adalah :
5 (shalat wajib) + 1 ( mandi pagi) + 1 (mandi sore) + 3 (contoh shalat sunat yang dilakukan dalam sehari) = 10 kali mandi dalam sehari
Waw, betapa bersih diri anda .
Jadi, dengan melaksanakan shalat, berartikan anda juga mencoba menjaga kebersihan diri. Tadi dijelaskan bahwa cara mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat adalah dengan menjaga kebersihan diri pada umumnya, dan menjaga kebersihan wajah khususnya.
Sekarang, apa masih ragu untuk melaksanakan shalat.
Faktanya, coba anda lihat orang yang rajin menunaikan ibadah shalat. Wajah mereka begitu bening dan bercahaya alami (natural).
Itu bukan karena kosmetik atau make-up yang tebal, Tapi memang karena kebersihan diri mereka selalu dijaganya dengan cara yang benar dan dibenarkan.

2. Mencuci muka dan telapak tangan

Jika anda tidak melaksanakan shalat, lebih rajinlah mencuci muka dan telapak tangan. Setidaknya lakukanlah sesering anda melakukan aktivitas yang dapat mengotori wajah dan telapak tangan anda.

3. Perbanyak berdo’a dan senyum

Berdo’a, itu udah pasti ya...
Ketika anda mengucapkan kata “menjaulah dari ku wahai jerawat”. Itu sudah sama anda berdo’a supaya jerawatnya hilang.
Diingat lagi hal ini : Kata yang anda ucapkan sama dengan Do’a.
Perbanyak senyum?.
Ini yang masih belum bisa saya jelaskan. Why?.
Tapi, dari beberapa orang pernah menyampaikan, dengan sering memberikan senyum yang tulus, mampu mencegah hal ini terjadi.
Entahlah... Kami pun belum bisa menjelaskan hubungannya.
Tapi, benar atau tidak, Tetaplah perbanyak senyum. Sebab senyum yang tulus mempunyai begitu banyak manfaat. Lagi pula dengan banyak senyum tidak akan merugikan anda juga, kan?.

4. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Tangan selalu digunakan untuk menyentuh benda apapun yang ingin dan harus disentuh. Terkadang, kita tidak akan mampu menjamin kebersihan benda tersebut. Akibatnya tangan menjadi kotor dan mungkin juga terdapat bakteri di dalamnya.
Jika anda menyentuh wajah dengan tangan yang demikian. Maka anda tahu kelanjutannya.

5. Hindari Memecah jerawat

Kebanyakan orang sangat senang memecah jerawatnya sebagai bentuk ketidaksenangannya terhadap jerawat tersebut. Ada yang mengatakan cairan yang keluar dari jerawat tersebut terdapat bakteri didalamnya. Entahlah.
Tapi, jikalau memang benar, sebaiknya hindari hal ini. Biarkan saja, sampai menghilang sendiri. Setidaknya tunggulah sampai kering dan beku.
Kalau seandainya tidak sengaja, atau terjadi dengan sendirinya, segeralah mencuci wajah dengan sabun.
Katanya, memecah jerawat akan membuat cairan jerawat tersebut tersebar ke bagian kulit wajah lainnya. Akibatnya, jerawat tersebut akan tumbuh di daerah lainnya.

6. Hindari aktivitas yang memicu tumbuhnya jerawat

Aktivitas-aktivitas tersebut, misalnya seperti begadang, bermain di tempat yang agak kotor, mandi di kali, mandi di air tergenang, dan sebagainya. Kabarnya, aktivitas yang tidak perlu seperti ini dapat memicu tumbuhnya jerawat.

7. Perbanyak makan makanan yang baik dan hindari yang perlu dihindari

Sebaiknya, perbanyaklah makan makanan yang baik seperti sayur, buah-buahan, dan makanan alami yang lainnya.
Sebaiknya hindari makanan yang cepat saji dan makanan lain yang memicu terjadinya hal seperti ini.

Artikel Terbaru: