Motivasi Belajar Anda Menurun? Berikut Tipsnya


Ada beberapa saran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi pelajar yang disampaikan oleh Gage & Berliner (1979). Hal dapat dilakukan tanpa harus melakukan reorganisasi kelas secara besaran-besaran.

1. Memberikan Pujian verbal.
Kata-kata seperti bagus, baik, pekerjaan yang baik, yang diucapkan setelah seseorang melakukan tingkah laku yang diinginkan atau mendekati tingkah laku yang diinginkan, merupakan pembangkit motivasi yang besar. Penerimaan sosial merupakan suatu penguat atau insentif yang relatif konsisten.

2. menggunakan tes dalam nilai secara bijaksana
Tes memang suatu cara yang selalu dipakai sebagai dasar berbagai hadiah sosial, yang mampu menyebabkan tes dan nilai dapat menjadi suatu kekuatan untuk memotivasi seseorang. Hadiah sosial tersebut bisa berupa penerimaan lingkungan, promosi, pekerjaan yang baik, uang yang lebih banyak dan sebagainya. Dengan demikian, memberikan tes mempunyai efek dalam memotivasi murid untuk belajar.

Tes dan nilai tersebut harus dipakai secara bijaksana. Hal tersebut bertujuan untuk memberi informasi kepada pelajar dan untuk menilai penguasaan dan kemajuan mereka, bukan untuk menghukum atau membanding-bandingkan. Sebab terkadang, penyalahgunaan tes dan nilai akan mengakibatkan menurunnya keinginan mereka untuk berusaha lebih baik.

Motivasi Belajar Anda Menurun? Berikut Tips Membangkitkannya3. bangkitkan rasa ingin tahu pelajar dan keinginannya untuk mengadakan eksplorasi.
Dengan memberikan pertanyaan dan masalah, pengajar dapat menimbulkan suatu konflik konseptual yang merangsang pelajar untuk bekerja. Motivasi akan berakhir jika konflik terpecahkan atau timbul rasa bosan untuk memecahkannya.

4. melakukan hal-hal yang luar biasa.
Untuk tetap mendapat perhatian, sesekali pengajar dapat melakukan hal-hal yang luar biasa, misal meminta mereka untuk menyusun soal-soal tes, menceritakan problem guru dan belajar, dan sebagainya.

5. memberi sedikit informasi akan hadiah yang dapat diterima bila berhasil untuk suatu hal.
Merangsang hasyrat pelajar dengan jalan memberikan pada mereka sedikit contoh hadiah yang akan diterima jika mereka berusaha belajar. dengan menerapkan hal ini pengajar hanya perlu membuat urutan pengajaran, sehingga mereka dapat memperoleh sukses dalam tugas-tugas permulaan.

6. pergunakan materi-materi yang sudah dikenal sebagai contoh, agar siswa lebih mudah dalam memahami bahan pengajaran.

7. terapkan konsep atau prinsip dalam konteks yang unik dan luar biasa, agar mereka menjadi lebih terlibat.

8. meminta mereka untuk mempergunakan hal-hal yang sudah dipelajari sebelumnya.
Hal ini dapat menguatkan belajar yang lalu dan sekaligus menanamkan suatu pengharapan pada diri masing-masing mereka.

9. menggunakan stimulus dan permainan.
Kedua hal ini akan memotivasi mereka, meningkatkan interaksi, menyajikan gambaran yang jelas mengenai situasi kehidupan sebenarnya dan melibatkan mereka secara langsung dalam proses belajar.

10. perkecil daya tarik sistem motivasi yang bertentangan.
Kadang-kadang agar diterima oleh teman-temannya, seorang pelajar terpaksa harus melakukan sesuatu yang tidak diinginkan oleh pengajar.

11. perkecil kosekuensi yang tidak menyenangkan dari keterlibatan pelajar.

12. pengajar perlu memahami dan mengawasi suasana sosial di lingkungan sekolah, karena hal ini berpengaruh besar atas diri pelajar.

13. pengajar perlu memahami hubungan kekuasaan antara pengajar dengan pelajar.
Sebab seseorang akan dapat mempengaruhi motivasi orang lain bila ia memiliki suatu bentuk kekuasaan sosial.

Post Title
Motivasi Belajar Anda Menurun? Berikut Tipsnya
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?