Manfaat Olahraga Bagi Perkembangan Anak Remaja


Manfaat Olahraga Bagi Anak Remaja
Manfaat Olahraga Bagi Anak Remaja - Mengapa permainan itu berperan penting bagi perkembangan anak?, apa yang menyebabkan permainan itu penting bagi sang anak?
mungkin itu yang selalu menjadi pertanyaan bagi kita semua tentang peran bermain bagi anak. Untuk mengetahui jawabannya,
silahkan disimak tulisan dibawah ini.


Salah satu hal yang penting dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak pada masa kanak-kanak adalah bermain. Dengan bermain, anak akan belajar sekaligus bergembira.
Perasaan yang gembira itu, akan membuat neuron di otak anak akan saling berkoneksi  dengan cepat untuk membentuk satu memori baru. Nah.. itulah sebabnya anak dapat dengan mudah mempelajari hal baru melalui permainan, yang terpenting permainan tersebut bermanfaat dan tidak membahayakan sang anak.
Ada lima alasan mengapa permainan itu penting bagi anak.

1. Melatih kemampuan motorik.

Dengan bermain, seorang anak dapat melatih kemampuan visual-motorik, meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar, melatih kemampuan spatial dan lain-lain.

2. Miningkatkan kemampuan intelektual dan kreatifitas

Ide spontan yang dikemukakan oleh seorang anak dan jika kemudian diterima oleh teman sepermainannya, akan menimbulkan penghargaan dari lingkungan serta menjadi motivasi bagi munculnya ide kreatif baru.

3. Mengasah keterampilan sosial.

Kegiatan bermain menjadikan proses bersosialisasi yang baik, hal ini terbangun dengan cara bermain dengan kelompok, seorang anak dapat belajar untuk saling berbagi, saling membantu, belajar antre, bertoleransi dengan orang lain,dan juga dapat melatih kemampuan komunikasinya,.

4. Penyaluran emosi negatif yang terpendam.

Bermain juga dapat berfungsi untuk menyalurkan emosi yang terpendam pada anak. Seringkali, seorang anak berhadapan dengan kenyataan yang tidak menyenangkan dan mereka mengalami kesulitan untuk mengutarakannya. Kondisi tidak menyenangkan ini secara tidak sadar akan menimbulkan ketegangan dalam diri anak. Ketegangan dalam diri sang anak ini biasanya akan berkurang dengan menyalurkan beban emosionalnya secara tanpa disadari misalnya dengan bermain, bercerita bersama teman-temannya. Olehkarena itu seringkali bermain juga digunakan sebagai alat terapi pada anak.

5. Pembelajaran lainnya

Melalui bermain, seorang anak dapat mempelajari  banyak hal, yang tidak selalu dapat mereka peroleh di institusi pendidikan formal. Mereka dapat belajar tentang  arti bekerjasama dengan orang lain, sportivitas, taat pada peraturan, menyenangkannya melalui sebuah kemenangan maupun kekalahan dan  kesedihan ketika mengalami kekalahan.
Ketika anak-anak bermain, mereka membutuhkan alat-alat permainan dan jenis permainan yang mereka sukai. Terkadang alat-alat dan jenis permainan tersebut juga tidak baik bagi mereka. Maka dari itu, perhatikanlah jenis permainan dan alat-alat yang mereka gunakan untuk bermain demi keselamatan mereka bermain. 

Berikut tips memilih permainan untuk anak.
  • Ketahui tahapan perkembangan sang anak seperti; usia, perkembangan fisik, dan emosi anak, hl ini dimaksudkan agar kita dapat menyesuaikannya  dengan kebutuhan sang anak.
  • Tidak perlu membeli alat permainan yang mahal, karena tidak semua mainan yang mahal itu bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sang anak seperti playstation dan lain-lain.
  • Keamanan alat bermain perlu diperhatikan, baik dari bahan, kinerja alat tersebut, dan isi dari permainan tersebut, bermanfaat atau tidaknya bagi sang anak.
Kebebasan bagi anak berkreatifitas adalah hal sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Bebas bukan berarti dibiarkan begitu saja, namun kebebasan yang diiringi dengan pengawasan orang tua. Dalam hal ini kebijaksanaan orangtua (keluarga) berperan penting bagi perkembangan anaknya. Mengapa?, karena orangtua (keluarga) yang cerdas, akan melahirkan anak yang cerdas pula. Cerdas bukan berarti pintar dalam mencari uang atau akademis, namun cerdas dalam mendidik anak.
Manfaat Olahraga Bagi Anak Remaja
Hingga nanti anak-anak beranjak remaja, biasanya mereka sangat senang dengan olahraga dan permainan. Faktanya, olahraga dan permainan ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak pada masa remaja termasuk sukses dalam bidang akademis.
Sistem pembuluh darah (kardiovaskuler) yang kuat berkat aktivitas fisik dan olahraga, akan memompa kekuatan otak para remaja. Hasilnya remaja itu lebih berprestasi di sekolah dan secara umum memperoleh sukses dalam kehidupan sehari-hari.
Hubungan antara aktivitas fisik dan fungsi kognitif sebenarnya sudah banyak diteliti, namun hanya pada orang tua dan anak-anak. Namun ada beberapa Studi yang khusus meneliti hubungan aktivitas fisik dengan para remaja dan dewasa sangat, walaupun hanya sedikit.
Pada dasarnya, perilaku dan fungsi  kognitif terbentuk pada saat remaja dan dewasa muda. Pada saat itu pula kinerja akademik mempunyai dampak yang besar pada masa depan.
Penelitian juga membuktikan, bahwa kebugaran kardiovaskuler berhubungan dengan intelejensi yang lebih tinggi, sementara kebugaran otot tidak berpengaruh.
Beberapa faktor bisa menjelaskan mengapa kebugaran  kardiovaskuler yang lebih baik melalui latihan dan olahraga berdampak terhadap fungsi otak. Misalnya membaikan aliran darah ke otak, mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati (mood), serta dapat mengurangi lelah.
Penelitian tersebut juga mencoba membuktikan bahwa salah satu olahraga yang baik itu adalah senam aerobik yang ternyata mampu meningkatkan fungsi kognitif para remaja.

Post Title
Manfaat Olahraga Bagi Perkembangan Anak Remaja
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?