Konsentrasi Belajar Terganggu? Mungkin Ini Faktornya


Belajar merupakan bagian hidup dari setiap orang. Disamping itu belajar merupakan rangkaian aktivitas yang mencakup berbagai persyaratan dari belajar, agar belajar yang dilakukan berhasil, adalah konsentrasi. Kesabaran dalam berkonsentrasi merupakan hal yang sering dipermasalahkan dalam belajar. Maka perlulah sekiranya untuk mengurangi faktor-faktor yang dapat menghambat konsentrasi belajar tersebut.

Kemampuan konsentrasi sesungguhnya merupakan kebiasaan seseorang yang dapat dilatih. Setiap orang yang ingin belajar dapat melatih diri untuk mengembangkan konsentrasi. Sehingga nantinya akan merupakan kebiasaan yang dilakukan ketika diperlukan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan konsentrasi belajar seseorang ialah.

1. Minat belajar

Dengan mempunyai minat terhadap pelajaran disamping memungkinkan pemusatan pikiran juga akan menimbulkan kepuasan tersendiri dalam usaha belajar.

2. Kejemuan dalam berpikir

Kadang-kadang pikiran terasa jenuh, apabila telah berjam-jam belajar. Untuk mengatasinya, hendaknya kita beristirahat sejenak. Bisa juga dengan melakukan pergantian materi yang dipelajari.

3. Keadaan lingkungan

Suara yang terlampau keras dan sebagainya, juga dapat mengganggu konsentrasi belajar. Kejadian yang terjadi dilingkungan sekitar dapat membuat pandangan seseorang menjadi teralihkan.

4. Tempat belajar

Sebenarnya tempat belajar yang bukan merupakan syarat mutlak keberhasilan belajar seseorang. Tempat yang bersih dan rapi, akan memberikan suasana kejiwaan yang memudahkan konsentrasi belajar.

5. Kesehatan tubuh

Untuk dapat belajar dengan konsentrasi yang baik, seseorang perlu mempunyai kesehatan yang baik pula. Betapapun cerdas dan rajin orang, bila sakit, tetap akan mengganggu konsentrasi belajarnya. Untuk itu sebaiknya menjaga kesehatan tubuh.

Post Title
Konsentrasi Belajar Terganggu? Mungkin Ini Faktornya
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?