Kegiatan Wajib Selama Kuliah, Perlu Diketahui Calon Mahasiswa


Kegiatan Wajib Selama Kuliah - Ketika menjadi mahasiswa, nantinya anda akan melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang wajib untuk diikuti. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan proses yang harus dilakukan agar mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahannya.

Selain kegiatan wajib tentunya juga ada kegiatan yang tidak wajib diikuti. Namun disini, akan diterangkan beberapa kegiatan wajib yang akan anda lalui semasa duduk di bangku perkuliahan. Kegiatan tersebut yaitu:

1. kegiatan perkuliahan dapat dibedakan menjadi perkuliahan teori, praktikum dan kerja lapangan.

2. perkuliahan teori adalah perkuliahan yang sifatnya mengkaji dan menguasai teori, konsep, dan prinsip suatu bidang studi yang wajib diikuti.

3. perkuliahan praktikum adalah perkuliahan yang sifatnya menghasilkan teori dalam situasi dan kondisi terbatas, misalnya di laboratorium, kelas, workshop, dan sebagainya.

4. kuliah kerja lapangan adalah perkuliahan yang sifatnya mengaplikasikan teori dalam bentuk praktik kerja di lapangan.

5. perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka, terstruktur dan mandiri.

6. kegiatan tatap muka adalah kegiatan perkuliahan terjadwal, dosen dan mahasiswa saling berkomunikasi secara langsung berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, seminar atau kegiatan akademik lainnya.

7. kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar diluar jam terjadwal. Mahasiswa melaksanakan tugas dari dan dalam pengawasan dosen, yang berupa tugas-tugas pekerjaan rumah, penulisan laporan, penulisan makalah, penelitian, atau kegiatan lainnya yang sejenis.

8. kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang diatur oleh mahasiswa sendiri untuk memperkaya pengetahuannya dalam rangka menunjang kegiatan terstruktur yang berupa belajar diperpustakaan, wawancara dengan narasumber atau kegiatan lainnya yang sejenis.

Artikel Terbaru: