Info Ulasan Jurusan Kuliah Agroteknologi



Program studi Agroteknologi?, mungkin agroteknologi masih kurang diminati dikalangan masyarakat. Padahal kita tahu bahwa ilmu tentang agroteknologi ini sangat berguna bagi masyarakat khususnya di indonesia.

Prospek untuk kedepannya pun cukup luas. Perkembangan Sektor pertanian di Indonesia sangat memungkinkan ilmu agroteknologi ini terpakai. Selain di sektor agraris, lulusan program studi ini juga dapat berkarya di berbagai bidang lainnya. Yang pasti, bisnis di sektor pertanian adalah bisnis dibidang yang vital yang menjanjikan.

Berikut ini adalah kompetensi lulusan agroteknologi secara garis besarnya.

1. kemampuan menerapkan IPTEK di bidang budidaya tanaman dan mengelola sistem produksi tanaman baik secara modern maupun mengangkat kearifan lokal serta mampu berinovasi dalam praktek bisnis.

2. kemampuan melakukan identifikasi, analisis, perumusan dan penyelesaian masalah dalam sistem budidaya pertanian yang berkelanjutan.

3. kemampuan mengelola hasil tanaman.

4. kemampuan merancang dan melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara professional

5. kemampuan berfikir analisis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di lingkup global dalam kehidupan bermasyarakat.

6. kemampuan menerapkan bioteknologi dalam aktivitas industri dan bisnis pertanian.

7. kemampuan mengelola SDA, tata kawasan dan lingkungan serta menerapkan teknologi guna mengatasi masalah lingkungan.

8. kemampuan mengembangkan agribisnis tanaman industri, tanaman pangan, dan holtikultura.

9. menguasai teknologi informasi dalam berkarir.

Secara umum tujuan dari lulusan agroteknologi ini adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan teknologi budidaya pertanian dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan berdasarkan kearifan lokal, dan kompetitif di pasar. Selain itu, tujuan lainnya adalah menghasilkan produk dan teknologi budidaya pertanian sebagai hasil penelitian untuk pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat yang berwawasan luas.

Artikel Terbaru: