Dampak Kesehatan Terhadap Proses Belajar


Dampak Kesehatan Terhadap Proses Belajar - Faktor jasmaniah yang pertama adalah faktor kesehatan. Kesehatan merupakan keadaan sehat. Sehat yaitu dalam keadaan baik, atau bebas dari penyakit.
Nah, proses belajar seseorang akan terganggu jika kesehatan seseorang terganggu.
Hal lain yang mungkin ditimbulkannya adalah cepat lelah, kurang bersemangat, mudah pusing, suka mengantuk, terjadi gangguan pada fungsi indra, kurang darah dan lain.
Sebab itu, jika seseorang ingin dapat belajar dengan baik, maka haruslah mengusahakan kesehatan badannya tetap terjamin.
Menjaga kesehatan badan bisa dilakukan dengan cara selalu mengindahkan ketentuan-ketentuan tertentu tentang bekerja, belajar, istirahat, tidur, makan, olahraga, rekreasi, dan ibadah.
Faktor jasmaniah kedua adalah cacat tubuh, yaitu sesuatu yang menyebabkan kurang baik atau kurang sempurnanya bagian fisik (tubuh/badan) manusia, atau disebut tidak normal.
Cacat tersebut dapat berupa kebutaan, setengah buta, tuli, setengah tuli, patah kaki, patah tangan, lumpuh, dan sebagainya.
Keadaan cacat tubuh ini, juga dapat mempengaruhi belajar. mereka yang cacat belajarnya juga akan terganggu.
Jika hal ini terjadi, hendaknya ia belajar dengan cara yang khusus. Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat bantu agar dapat menghindari atau mengurangi kecacatan tersebut.

Artikel Terbaru: