Ciri Ciri Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat



Perguruan tinggi umumnya diartikan sebagai lembaga pendidikan terakhir yang mendidik calon-calon sarjana-sarjana dalam bidang ilmu tertentu. Melalui lembaga ini calon sarjana-sarjana baru tersebut di didik menjadi orang yang profesional dalam suatu bidang keilmuan. Sehingga nanti, mereka sanggup mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan negara.

Lalu seperti apa sarjana-sarjana yang dibutuhkan oleh masyarakat?. Berikut sekilas ciri-ciri sarjana berkualitas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

1. Memiliki pengetahuan dan kecakapan profesional

Artinya memiliki keahlian yang tinggi dan dapat mempertanggungjawabkan keahlian tersebut. Dengan kata lain, mereka memang benar-benar cakap dan mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

2. Cakap dalam bidang penelitian

Artinya mampu melaksanakan penelitian ilmiah. Tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas saja, namun sarjana tersebut harus mampu untuk melakukan penelitian ilmiah.

3. Ada pengabdian ilmu kepada masyarakat

Gelar sarjana yang diperoleh di perguruan tinggi sesungguhnya bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, melainkan juga untuk dimanfaatkan dan diterapkan demi kepentingan masyarakat banyak.
4. Berkepribadian baik

Artinya memiliki sifat-sifat yang memang pantas untuk orang bergelar sarjana. Yaitu sifat yang sesuai dengan norma-norma masyarakat.

5. Kecakapan dalam memimpin

Artinya cakap dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kepemimpinan dalam masyarakat. Tidak semua sarjana walau cerdas, mampu untuk menjadi pemimpin.

6. Berjiwa aktif, inisiatif dan kreatif

Artinya, mampu untuk memperhatikan persoalan-persoalan yang terjadi di sekitarnya. Lalu menghubungkannya dengan ilmu yang dimiliki. Tentu saja harus memiliki pengetahuan yang luas. Setelah itu dia harus mampu memberikan solusi, bukan hanya memberi komentar dan kritik.

Post Title
Ciri Ciri Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?