Ciri-Ciri Perubahan Dalam Proses Belajar


Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali, baik sifat maupun jenisnya. Dengan demikian itu sudah tentu tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar.

Berikut beberapa ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar.

1. perubahan terjadi secara sadar.

Ini berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya mereka akan merasakan terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.
Misalnya, ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah.
Perubahan tingkah laku yang terjadi karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar, tidak termasuk perubahan dalam arti belajar.

2. perubahan dalam belajar bersifat kontinyu dan fungsional.

Sebagai hasil belajar perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara berkesinambungan, tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan atau proses belajar berikutnya.
Misalnya, seseorang yang sedang belajar menulis, terjadi perubahan dari tidak bisa menulis menjadi bisa menulis. Hal ini akan berlangsung hingga ia dapat menulis indah, dengan pulpen, dan seterusnya.

3. perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.

Dalam perbuatan belajar, perubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak usaha belajar itu dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh.
Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha individu sendiri.

4. perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.

Perubahan yang bersifat sementara atau temporer terjadi hanya untuk beberapa saat saja, seperti menangis dan sebagainya. Perubahan seperti ini tidak termasuk kedalam arti belajar.
Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. Hal ini berartikan bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap.
Misalnya, kecakapan seseorang dalam memainkan gitar, setelah belajar bermain gitar.

5. perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah.

Ini berarti bahwa perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang akan dicapai. Perbuatan belajar terarah kepada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari.

6. perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku.

Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui sesuatu proses belajar meliputi perubahan keseluruhan tingkah laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya mereka akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan dan sebagainya.

Post Title
Ciri-Ciri Perubahan Dalam Proses Belajar
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?