Cara Menjaga Sopan Santun Belajar Ketika Kuliah



Dalam masa kuliah, mahasiswa perlu memperhatikan masalah sopan dan santun. Sebab, seringkali mahasiswa lupa tentang siapa dirinya sekarang. Terkadang mereka menganggap bahwa dirinya sekarang sudah bebas untuk melakukan apapun yang mereka suka. Padahal yang seharusnya adalah mereka menjadi semakin dewasa dalam sopan dan santun.

Masalah sopan santun ini, mencakup banyak hal. Namun yang paling utama untuk diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Berpakaian yang pantas dan terhormat.

Mahasiswa adalah pelajar yang sudah dewasa, harus dapat membedakan antara baik dan tidak baik, sopan dan tidak sopan. Seorang mahasiswa bukanlah seorang hiptis yang berpakaian seenaknya atau menuntuk kebebasan yang tidak wajar. Mahasiswa bukanlah orang seni yang bermode dan berambut gondrong dan sebagainya. Namun, mahasiswa adalah para pemuda pembangun bangsa, berpakaian sederhana, tidak berlebihan dan pantas serta sopan.

2. Datang lebih awal dari dosen.

Datanglah hendaknya beberapa menit sebelum jadwal kuliah yang telah ditentukan. Seandainya terlambat, hendaklah menggunakan cara yang baik untuk masuk ke dalam ruang belajar.

3. Mengikuti kuliah secara teratur dan tertib.

Usahakan agar setiap ada kuliah diikuti secara teratur dan tertib. Jangan mengandalkan orang lain untuk apapun, misalnya catatan kuliah.

4. Konsentrasi terhadap pelajaran.

Pada waktu dosen menjelaskan materi belajar, hendaklah mahasiswa memusatkan perhatian yang baik. Hal ini agar proses belajar menjadi lancar tanpa gangguan. Jangan bersikap apatis, acuh tak acuh, karena sudah mengerti tentang materi yang dibahas.

5. Bertanya dan menjawab dengan baik

Seandainya dosen bertanya, jawablah dengan penuh keberanian dan keyakinan bahwa jawaban itu benar, dan jangan dengan yang aneh-aneh. Jika bertanya, hendaklah menggunakan rangkaian kata yang baik dan pantas untuk disampaikan dan ditanyakan.

6. Membuat catatan kuliah yang teratur.

Catatan merupakan tulisan menggunakan bahasa sendiri. Karena bahasa sendiri, ketika dibaca kembali akan lebih mengerti. Maka hendaklah mencatat setiap materi yang disampaikan dalam kuliah.

7. Akhiri kuliah dengan baik.

Jangan meninggalkan tempat duduk sebelum dosen yang bersangkutan meninggalkan ruang kuliah atau sebelum dipersilakan untuk keluar ruang. Dalam kebiasaan sehari-hari, yang terjadi adalah mahasiswa meninggalkan ruang kuliah tanpa dipersilahkan terlebih dahulu. Hal ini sudah melanggar etika mahasiswa yang baik.

8. Jangan memakai topi dalam ruang kelas

Didalam ruangan kuliah, hendaknya jangan memakai tutup kepala seperti topi.

9. Jagalah interaksi yang positif

Jagalah interaksi yang positif dengan mahasiswa lain dan dengan dosen.

Artikel Terbaru: