Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar


Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar

Konsentrasi pada dasarnya merupakan akibat dari perhatian yang bersifat spontan yang ditimbulkan oleh minat terhadap sesuatu. Setiap mahasiswa dengan mengembangkan minatnya dan melatih diri, akan mampu membuat kemampuan konsentrasi semakin besar. Hingga akhirnya menjadi kebiasaan yang baik baginya.

Lalu apa saja faktor yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi belajar pelajar/mahasiswa?. Berikut penjelasannya.

1. Minat yang kurang terhadap mata pelajaran

Tidak adanya minat, mengakibatkan mahasiswa menjadi sukar mengerti isi pelajaran tersebut. akhirnya pikiran menjadi melayang-layang kepada hal-hal lain.

2. Urusan lain yang dianggap lebih penting

Artinya banyak urusan-urusan yang sering mengganggu perhatian baik urusan luar maupun urusan pribadi. Sedangkan urusan tersebut dianggap lebih oleh pelajar/mahasiswa tersebut dibandingkan dengan pelajaran yang diikuti.

3. Gangguan dari lingkungan sekitar

Misalnya suara yang keras dari sekitarnya, atau faktor cuaca, seperti udara yang terlalu panas. Hal lain yang mungkin dapat mengganggu konsentrasi adalah peralatan belajar, seperti meja yang tidak enak dan sebagainya.

4. Gangguan kesehatan

Misalnya keletihan, kurang tidur, sakit, dan sebagainya. Hal ini jelas sekali akan membuat konsentrasi belajar akan terganggu.

Berdasarkan faktor yang dapat mengganggu konsentrasi belajar tersebut, dapat dirumuskan cara untuk mengatasinya. Seperti apa cara yang dapat dilakukan?, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan konsentrasi tersebut.

1. Ciptakan minat terhadap mata pelajaran

Jangan sampai anda membenci mata pelajaran tersebut. berusahalah untuk mencintai apa yang dihadapi, walau itu sulit. Sebab suka atau tidak suka, semua mata pelajaran yang ada tetap akan ditempuh hingga akhir (ujian). Oleh karena itu, menciptakan benci terhadap suatu mata pelajaran bukan hal yang baik dan tidak ada manfaatnya. Terbaiknya adalah bersikap positif dengan berusaha menyukai semua mata pelajaran yang ada.

2. Membuat ruang khusus untuk belajar

Bila sudah dibiasakan setiap masuk ruang itu berarti belajar, maka suasana kejiwaan pelajar/mahasiswa telah siap dan tertuju pada kepada pelajaran. Dengan demikian pikiran tidak mudah melayang dan melihat ini itu, melainkan hanya tentang belajar.

3. Perhatikan kebersihan perlengkapan belajar

Meja belajar hendaklah bersih dari segala benda yang tidak bersangkut paut dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari. Misalnya, belajar matematik, maka hendaklah yang diatas meja adalah buku pelajaran matematik, bukan bahasa inggris.

4. Hilangkan urusan yang mengganggu pikiran

Sehingga bebas dari ketegangan-ketegangan kecil yang selalu mengganggu. Konsentrasi memerlukan perhatian yang serius dan menghapus semua pikiran yang beraneka ragam.

5. Sediakan alat tulis dan kertas

Alat tulis dan kertas merupakan alat yang sangat berguna untuk membantu menciptakan konsentrasi. Selain itu, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan belajar, seperti menandai hal penting dalam sebuah buku dengan menggaris atau memberi warna akan membuat konsentrasi semakin baik.

6. Sediakan waktu untuk beristirahat

Adakan istirahat sebentar jika sudah terasa letih dan jemu. Hal ini bertujuan agar pikiran menjadi jernih kembali.

7. Menjaga kesehatan

Gangguan kesehatan walaupun kecil harus segera diusahakan penyembuhannya, agar dapat belajar dengan pikiran yang terang dan tenang. Jika pikiran gelisah dan tidak enak badan, maka hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menutup buku dan tidur, hingga pikiran tenang dan badan kembali sehat.

Post Title
Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?