Cara Menghapal Buku Pelajaran Agar Mudah Diingat




Umumnya proses menghapal berlangsung sejalan dengan proses mengingat. Pada garis besarnya proses itu dimulai dengan penerimaan atas perangsang-perangsang dari luar oleh alat-alat indra. Kemudian disimpan dalam ingatan dalam bentuk tanggapan-tanggapan tadi keluar dalam bentuk reaksi-reaksi tertentu. Bahan-bahan yang baru saja dipelajari akan tersimpan dalam ingatan. Bila penyimpanannya kuat, maka akan lama pula ingatan dan mudah pula dikeluarkan. Suatu bahan dianggap telah dikuasi apabila lama tersimpannya dalam ingatan.

Pelaksanaan dari hal-hal tersebut tentu saja disesuaikan dengan kepribadian dan kemampuan ingatan yang dimiliki. Cepat atau lambatnya suatu ingatan sangat bergantung kepada kondisi dan jiwa seseorang. Secara umum metode menghapal tersebut dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu.

1. Menghapal Pelajaran melalui pandangan mata

Artinya menghapal dengan melalui pandangan mata saja. Bahan pelajaran dibaca dalam hati dengan penuh perhatian dan otak bekerja untuk mengingatnya.

2. Menghapal Pelajaran melalui pendengaran telinga

Dalam hal ini pelajaran dibaca dengan suara keras untuk dimasukkan ke dalam kepala melalui telinga.

3. Menghapal Pelajaran dengan melalui gerak-gerik

Cara ini adalah dengan menulis-nulis di atas kertas sambil pikirannya berusaha menanamkan bahan itu ke dalamnya.

Maka dari itu, untuk dapat mengingat pelajaran dengan baik diperlukan berbagai usaha. Usaha yang dapat dilakukan antara lain adalah.

1. Memahami bahan yang hendak dihapal terlebih dahulu

Jangan sekali-kali menghapal bahan yang belum dipahami. Sebab cara ini akan menyebabkan kita ‘verbalistis’ dan tidak ada manfaat sama sekali.

2. Bahan hapalan diintegrasikan dengan bahan yang telah dimiliki

Bahan-bahan yang dihapal atau akan dihapal, hendaknya diintegrasikan dengan bahan-bahan yang telah dimiliki sebelumnya. Sehingga menjadi satu-keseluruhan, bukan sebagai bahan yang terlepas satu sama lain.

3. Mencurahkan perhatian sepenuhnya

Untuk memudahkan mengingat, maka curahkanlah perhatian sepenuhnya terhadap bahan yang akan dihapal tersebut. Berkat kemauan dan keinginan yang kuat, maka perhatian dapat dikonsentrasikan sepenuhnya kepada bahan yang akan dihapal.

4. Selalu memeriksa bahan-bahan yang telah dihapal

Hal-hal yang telah dihapalkan, hendaknya sering diperiksa, direorganisasikan dan digunakan secara fungsional kedalam situasi sehari-hari. Misalnya dalam percakapan, diskusi dan lain-lain.

5. Gunakan metode keseluruhan atau metode bagian

Hendaknya menggunakan metode keseluruhan atau metode bagian-bagian sesuai dengan bahan yang dihapal.

6. Membuat rangkuman

Buatlah rangkuman dari apa yang telah dihapal tersebut dengan kata-kata sendiri dalam hubungan yang bermakna. Sehingga bahan itu dapat dikuasi dan dipahami dengan sebaik-baiknya.

Selain metode menghapal dan mengingat diatas, ada juga metode lain yang dapat ditambahkan untuk memudahkan menghapal dan mengingat. Berikut metode tersebut.

1. Menggunakan singkatan kata atau kalimat

Untuk mengingat serentetan kata-kata dipergunakan suatu singkatan sebagai alat asosiasi atau dapat disebut juga ‘muslihat’ nemoteknik. Misalnya, ‘IPOLEKSOSBUD yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

2. Aktiva recall dan review

Bahan pelajaran harus sering ditinjau kembali. Aktiva recall artinya mengucapkan kembali bahan pelajaran yang baru saja dipelajari tanpa melihat buku. Review maksudnya untuk meninjau kembali pelajaran-pelajaran yang lampau, untuk mencegah pelajaran itu dilupakan. Review ini dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Sebaiknya pada review ini diutamakan pokok-pokok pikiran yang penting saja.

3. Menerangkan bahan hapalan kepada teman

Artinya, anda berusaha menerangkan bahan pelajaran yang telah dihapal kepada teman-teman yang lain.
Lalu sebenarnya apa manfaat yang dapat diambil dari menggunakan metode menghapal dan mengingat diatas. Banyak sebenarnya manfaat yang dari menggunakan metode tersebut, namun disini ada beberapa poin utama sebagai manfaatnya, yaitu.
1. Membangkitkan aktivitas belajar yang merupakan sarat utama bagi setiap pelajar/mahasiswa.
2. memberi latihan untuk mengingatnya.
3. merupakan ulangan atau tes untuk mengadakan evaluasi sampai mana bahan pelajaran yang telah dikuasai.
4. dengan menggunakan metode ini akan menunjukkan kelemahan dan kekurangan yang hendaknya diperbarui.

Post Title
Cara Menghapal Buku Pelajaran Agar Mudah Diingat
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?