Cara Membuat Catatan Kuliah Yang Baik Dan Benar



Catatan kuliah merupakan sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Sebab dengan adanya catatan kuliah tersebut, akan memudahkan mahasiswa dalam proses belajar dan mempelajari kembali pelajaran yang telah berlalu. Selain itu, dengan catatan tersebut, dapat memudahkan mahasiswa dalam mengingat materi kuliah yang pernah dipelajari ketika akan mengikuti test atau ujian. Tentunya, catatan kuliah harus dibuat dengan sebaik-baiknya. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat catatan kuliah yang baik. berikut proses yang dapat dilakukan dalam membuat catatan kuliah yang baik tersebut.

1. Setiap mahasiswa harus rajin dalam mengikuti kuliah pada tiap-tiap mata pelajaran.

2. Mencatat kuliah berarti, mendengarkan penjelasan dosen, menangkap penjelasan tersebut, mengolah didalam kepala dan kemudian dituliskan diatas kertas.

3. Pilihlah tempat duduk yang memudahkan untuk melihat, mendengarkan dan menulis dengan sempurna.

4. Kalau dalam mendengarkan materi kuliah tersebut anda mengantuk, maka harus diselidiki apa penyebabnya. Biasanya karena kurang tidur malam. Jika itu penyebabnya maka mulailah belajar untuk lebih awal dari biasanya.

5. Dalam menangkap pelajaran, mencatat kuliah jangan menulis setiap kata, setiap kalimat yang diberikan dosen, dan jangan pula menulis dengan steno. Tetapi tulislah persoalan-persoalan yang penting-penting saja. Mencatat secara lengkap, kadang-kadang malahan mengaburkan suatu pengertian. Dengan demikian anda telah belajar menulis materi yang penting.

6. Mengikuti kuliah sendiri berarti telah melatih mata, telinga, tangan dan otak bekerja secara serempak.

7. Dalam mengikuti mencatat materi kuliah dapat bekerja sama dengan mahasiswa lain yang bersifat saling mengisi dan saling melengkapi hasil kuliah.

8. Jangan mengandalkan meminjam hasil catatan orang lain. Sebab hal itu mendidik malas dalam diri sendiri. Akhirnya segan mengikuti kuliah.

9. Apabila ada bagian penjelasan kuliah yang terlewatkan, kosongkan dulu beberapa garis. Kemudian ikutilah keterangan-keterangan berikutnya.

10. Jangan membuat catatan kuliah dari bermacam-macam pelajaran dalam satu buku secara campur aduk.

11. Menurut Prof. Claude. C. Crawford, dalam bukunya, “The Tech-nique of Study”, dijelaskan tentang membuat catatan kuliah yang baik, antara lain.
  • Sediakan kertas lembaran (terpisah) bergaris, berilah lubang pada sisinya, untuk disimpan dalam selhechter atau ordner.
  • Catatlah pokok-pokok persoalan yang penting saja dalam menerima penjelasan kuliah.
  • Hasil catatan kuliah agar dibaca lagi pada hari itu juga, kalau perlu diadakan perbaikan-perbaikan.
  • Tiap-tiap kertas agar dihimpun dalam satu tempat hasil kuliah.
  • Tiap-tiap kertas lembaran agar disusun kembali (apabila hasil catatan kuliah sudah banyak) menurut pokok-pokok persoalan dan kemudian diberi nomor halaman. Hubungkan dengan buku pelajaran, baik buku wajib, buku anjuran atau buku tambahan sebagai pembanding.
  • Tiap persoalan agar diberi batas kertas berwarna. Pada akhir persoalan agar disediakan dua lembar kertas kosong.
12. Bundel kertas hasil catatan kuliah tersebut, berilah tanda-tanda untuk memudahkan menghapal kembali. Dengan catatan ini anda sudah siap menghadapi test atau ujian.

13. Apabila lembar-lembar catatan kuliah sudah cukup banyak, agar diberi daftar isi dan daftar indeks. Kemudian menyimpannya berdasarkan mata kuliah yang bersangkutan.

14. Catatan sangat membantu untuk menggunakan pengetahuan secara berulang-ulang. Setiap akan mengikuti kuliah, agar membaca catatan tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian anda akan menjadi pendengar yang baik dan sukses dalam proses belajar.

Post Title
Cara Membuat Catatan Kuliah Yang Baik Dan Benar
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?