Cara Melakukan Diskusi Kelompok Belajar Yang Baik


Diskusi dalam arti umum adalah pertukaran pikiran. Dengan kata lain, diskusi adalah pertukaran pikiran baik gagasan atau pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan. Biasanya, tujuan utama dari diskusi adalah untuk mendapatkan kesamaan atau kesepakatan pikiran. Suatu kelompok belajar yang bebas dan teratur akan menumbuhkan kemampuan semua anggota untuk mengerti dan menerima gagasan dan teknik baru yang lebih baik. Berikut beberapa maksud dari diskusi itu dilakukan.

1. Menyumbangkan pemikiran

Diskusi memungkinkan tiap anggota kelompoknya yang telah memiliki pengalaman untuk menyumbangkan dan mengutarakan pengetahuan dan pengalamannya tersebut dalam forum diskusi. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan para anggota kelompok tersebut.

2. Memudahkan penerimaan bahan pelajaran

Dengan adanya diskusi, dapat memudahkan penerimaan bahan pelajaran baik dari hasil kuliah maupun hasil rangkuman buku dan meningkatkan kemampuan berpikir serta memecahkan masalah.
Selain maksud dari diskusi, dapat juga disimpulkan tujuan diadakannya diskusi tersebut.

Berikut garis besar dari tujuan diskusi tersebut.

1. Saling tukar informasi

Tiap anggota dapat melaksanakan tukar-menukar informasi yang menyangkut pengetahuan dan pengalaman belajar. Sehingga dapat menciptakan implikasi baru dalam kelompok.

2. Menyampaikan ide yang baik dan positif

Suatu ide atau gagasan yang baik dan positif yang hanya dimiliki oleh seseorang dapat diutarakan dalam kelompok. Sehingga gagasan yang baik itu dapat dimiliki oleh seluruh anggota kelompok.

3. Memetik hasil dan keuntungan yang tidak didapat dari kuliah

Setiap anggota kelompok dapat memetik keuntungan dari hasil diskusi kelompok yang tidak mungkin didapatkan dari hasil membaca buku atau hasil mendengarkan kuliah. Dalam diskusi tersebut, tiap anggota kelompok dapat belajar dari satu sama lainnya.

Selain maksud dan tujuan yang telah dijelaskan diatas, ada juga beberapa keuntungan yang dapat diambil dari diskusi. Berikut keuntungan dari adanya diskusi tersebut.

Dalam kelompok belajar lebih banyak yang turut memikirkannya
Mahasiswa mendapat motivasi belajar yang lebih besar karena adanya tanggung jawab bersama.

Dalam kelompok belajar lebih sanggup melihat kekurangan-kekurangan.
Implikasi keputusan kelompok lebih dapat diterima oleh semua anggota kelompok, karena merupakan hasil pemikiran bersama.

Keuntungan diskusi kelompok tersebut akan memberikan kepada semua anggota kelompok untuk berbuat konstruktif, berpikir kreatif terhadap pokok masalah yang dibicarakan. Selain itu setiap anggota dapat menyumbangkan berbagai pengalaman dan pengetahuan untuk kepentingan bersama.

Lalu seperti apakah hasil diskusi yang baik itu?. Kerja dari kelompok belajar dapat dikatakan baik dan mantap apabila terjadi hal berikut.

1. Tiap anggota kelompok dapat mengadakan pertukaran pikiran, pendapat yang konstruktif, serta dapat mengutarakan keterangan yang relevan dengan masalah yang sedang akan dipecahkan.

2. Tiap anggota kelompok belajar telah mengerti tentang maksud, teknik dan pola yang berlaku dalam proses belajar.

3. Dalam kelompok terlihat adanya gerak, dinamika dan keaktifan dari seluruh anggota kelompok belajar.

4. Cara belajar bersama harus lebih unggul dari pada cara belajar individu dalam kelompok.

5. Pimpinan kelompok belajar dapat menciptakan kondisi dimana setiap anggota kelompo dapat menyumbangkan gagasan, ide, buah pikiran dan dapat bekerja sama.

6. Secara kolektif dapat menganalisa kondisi-kondisi fundamental harus sesuai dengan strategi, taktik atau kebijaksanaan berhasil baik.

7. Didalam kelompok dipergunakan sistem penilaian terhadap kemajuan kelompok dalam aspek, aktivitas, kepemimpinan, sosial dan lain sebagainya.

8. Tiap anggota kelompok mendapat tugas dan tanggungjawab terhadap kelompok.

9. Setiap anggota kelompok merasa ada manfaatnya dan optimis menghadapi proses belajar.

Post Title
Cara Melakukan Diskusi Kelompok Belajar Yang Baik
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?