Berbagai Perlengkapan Penunjang Belajar Yang Baik




Dalam belajar, Diperlukan juga perlengkapan-perlengkapan untuk menunjang belajar. Hal ini dimaksudkan agar, proses belajar semakin baik. Lalu apa saja perlengkapan penunjang belajar tersebut?. Secara garis besar ada dua perlengkapan belajar utama yaitu Perabot belajar dan alat-alat tulis. Perabot belajar tersebut misalnya meja, kursi almari dan buku-buku. Sedangkan alat tulis tersebut misalnya pena, pensil dan sebagainya. Berikut penjelasan yang lebih lengkap tentang peralatan dan perlengkapan penunjang belajar yang baik tersebut.

1. Perabot belajar

Setiap pelajar/mahasiswa dalam belajar hendaknya memiliki perabot belajar. Apa yang dimaksud dengan perabot belajar?. Perabot belajar tersebut misalnya meja, kursi, almari dan buku-buku. Sekurang-kurangnya pelajar/mahasiswa memiliki meja dan kursi untuk belajar. Beberapa syarat meja dan kursi yang baik yaitu.

a. Permukaan meja hendaknya rata, tidak berwarna gelap dan mengkilat.

Warna yang gelap dapat melelahkan mata dan alas meja yang mengkilat dapat menimbulkan silau terhadap mata. Oleh karena itu, melapisi meja dengan kaca tidaklah dianjurkan.

b. Luas meja tidak perlu terlalu luas.

Meja dengan ukuran yang luas juga tidak dianjurkan. Meja dengan ukuran 120x70cm sudah cukup untuk memuaskan proses belajar dan membaca.

c. Tinggi meja sesuai dengan tinggi badan.

Hendaknya tinggi meja disesuaikan dengan tinggi badan. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sehingga membuat tubuh semakin nyaman untuk belajar membaca atau menulis.
Selain itu, dalam belajar, buku-buku yang hendaknya dimiliki oleh pelajar/mahasiswa adalah sebagai berikut.
a. Buku suci (buku agama, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing).
b. Buku kamus (indonesia populer, indonesia-inggris, indonesia-arab, dan sebagainya).
c. Buku pengetahuan. Yaitu buku-buku yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diikuti.
d. Buku sastra dan komik. Ini untuk membantu kelancaran berbahasa dan berbicara.
e. Majalah, karangan-karangan ilmiah dalam harian bermutu dan lain-lain.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah kursi dan tempat tidur. Usahakan kursi belajar tidak terlalu keras. Selain itu, sebaiknya meletakkan tempat tidur membelakangi meja belajar.

2. Alat-alat tulis

Seorang mahasiswa/pelajar hendaknya memiliki alat-alat tulis yang cukup. Semakin lengkap alat-alat tulis tersebut, semakin baik untuk menunjang proses belajar, membaca dan menulis. Alat-alat tulis tersebut, misalnya buku-tulis, pulpen, tinta pensil, penggaris, penghapus, perekat, notes dan sebagainya.

a. Memiliki pulpen sendiri

Setiap akan tidur, hendaknya memeriksa pulpen, apakah masih cukup atau tidak untuk mengikuti pelajaran esok hari. Sebab jika tidak ada, akan membuat ketinggalan dalam mencatat dan juga mengganggu orang lain bila anda meminjamnya.

b. Penggaris

Dalam hal ini hendaknya mahasiswa/pelajar memiliki penggaris berukuran 30cm dan juga penggaris 15cm. keduanya akan diperlukan untuk menulis dan membuat tugas.

3. Perlengkapan lain

Sedangkan hal-hal lain yang juga dapat menunjang dan membantu proses belajar pelajar/mahasiswa adalah sebagai berikut.

1. Kendaraan bermotor

Sebisa mungkin pelajar/mahasiswa memiliki kendaraan bermotor untuk memperlancar proses sekolah/kuliah. Jika tidak juga tidak masalah. Namun, bila ada, hendaklah kendaraan tersebut dirawat dengan sebaik-baiknya. Selalu memeriksa keadaannya, sehingga tidak ada masalah yang membuat sekolah/kuliah menjadi kacau.

2. Jas hujan

Benda ini juga penting untuk pembantu dalam sekolah/kuliah. Ini diperlukan ketika hujan. Sediakan jas hujan yang sederhana saja, agar dapat lancar dalam kuliah atau menghadiri kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sekolah/kuliah.

5. Alat kebersihan kamar

Untuk memelihara kebersihan kamar belajar, diperlukan tempat sampah dan peralatan lainnya. Hal ini demi kenyamanan dan kelancaran belajar ketika berada di kamar.

Artikel Terbaru: