8 Cara Melakukan Presentasi Yang Baik Dan Benar


Dikalangan mahasiswa mungkin presentasi adalah hal yang biasa dilakukan. Mungkin hampir setiap saat mereka selalu melakukan presentasi di depan kelas. Sebagian dari mereka akan mampu melakukan presentasi dengan baik dan sebagian lagi, tidak.

Mereka yang bisa melakukan presentasi adalah mereka yang sudah terbiasa melakukannya. Awalnya pun pada dasarnya mereka sama dengan kita yang masih belum bisa melakukannya dengan baik. Mereka pada awalnya pun gugup, tegang dan kaku seperti kita yang baru belajar.

Maka dari itu, sepertinya memang harus belajar dan terus melakukan presentasi, agar nanti kita pun bisa seperti mereka.

Untuk membantu sahabat agar lebih berhasil dalam proses belajar melakukan presentasi tersebut, cobalah simak beberapa tips berikut;

1. Membaca semua hal yang berhubungan dengan topik presentasi

Cari berbagai bacaan dari berbagai sumber yang membahas tentang topik presentasi. Sahabat tidak harus membeli buku, cukup searching di internet, dan cari semua yang berhubungan dengan topik presentasi.

2. Membuat slide dalam bentuk point utama

Membuat slide seringkas dan sedikit mungkin. Pada setiap slide, tidak usah menuliskan uraian dari setiap point yang dibahas dalam slide tersebut. Misalnya, globalisasi, tidak perlu menuliskan pengertiannya juga di dalam slide.
Dengan demikian, sahabat tidak perlu lagi harus selalu memperhatikan layar, ketika melakukan presentasi di depan audien.

3. Membuat urutan pembahasan

Pada sehelai kertas kecil tulislah urutan pembahasan yang akan dilakukan. Ini bertujuan agar pembahasan yang dilakukan lebih rapi dan dan terarah.

4. Datang lebih awal

Sebaiknya, datanglah lebih awal ke ruang sahabat akan melakukan presentasi tersebut. Ini bertujuan agar sahabat dapat menguasai ruang dengan baik.

5. Melakukan gerakan

Pada saat berbicara, iringi juga dengan gerakan tangan yang sesuai. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan dan kaku saat berbicara. Selain itu, hal ini juga dapat membantu sahabat untuk mengurangi kelupaan.

6. Duduk, berdiri, berjalan

Pada saat berbicara, jika memungkinkan, lakukan juga ketiga gerakan ini. Hal ini juga dapat membantu sahabat agar lebih terlihat santai dan mampu menguasai ruang dengan baik.
Hal ini juga dapat mengurangi ketegangan, kaku, dan kelupaan. Selain itu, sahabat juga akan lebih mudah dalam mengingat dan berfikir tentang apa yang akan dilakukan berikutnya.

7. Perhatikan cara berbicara

Sebaiknya jangan berbiacara seperti membaca buku. Hanya membaca teks dengan lurus dan tidak memperhatikan audien.
Berbicaralah seperti sahabat berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Santai dan tenang.

8. Tersenyum, tertawa dan lainnya

Lakukan hal seperti pada saat yang tepat dan benar. Ini juga akan membantu, presentasi yang sahabat lakukan menjadi lebih baik.

9. Melemparkan pertanyaan

Agar audien merasa tidak di acuhkan, lemparkan juga pertanyaan kepada mereka sebelum melakukan pembahasan point-pointnya. Ada baiknya, ini dilakukan pada setiap pointnya.
Entah mereka dapat menjawabnya atau tidak, lakukan saja. Sebab tujuan dari ini bukan untuk menemukan jawaban dari mereka. Namun, agar audien merasa perlu memperhatikan kita.
Selain itu, dengan begini kita juga akan merasa diperhatikan, dan tidak sendirian.

Artikel Terbaru: