6 Cara Belajar Yang Baik Dalam Kuliah


Syarat utama yang perlu dilakukan oleh mahasiswa agar tujuan belajar selama kuliah adalah dengan selalu mengikuti perkuliahan. Kuliah tersebut hendaknya diikuti dengan tertib dan penuh perhatian. Sehingga mahasiswa tersebut dapat memperoleh pengertian dan pengetahuan yang banyak. Jika syarat utama terpenuhi, baru dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya. Pada pembahasan selanjutnya, akan dijelaskan langkah-langkah yang dapat ditempuh oleh mahasiswa agar dapat mengikuti dengan baik.

1. Selalu datang lebih awal dan tidak terlambat

Hendaknya datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Usahakan tidak datang terlambat. Dengan datang lebih awal, seorang mahasiswa dapat memilih tempat duduk yang enak, dan menunjang proses belajar di kelas. Terlebih lagi jika ada gangguan pada penglihatan atau pendengaran, maka perlu sekiranya untuk memilih tempat duduk paling depan.
Apabila sering terasa mengantuk, coba cari sebabnya. Jika hal tersebut karena kurang tidur, maka berusahalah untuk menambah jam tidur malam. Sehingga, ketika berada didalam kelas anda tidak lagi mengantuk. Selain itu hindari sifat yang suka menitipkan absen kepada teman (TA). Hal ini tidak baik untuk proses belajar anda saat kuliah.

2. Konsentrasi dalam belajar

Berikan perhatian yang memusat terhadap perkuliahan yang sedang berlangsung. Perhatian yang tidak memusatkan mengganggu dan mengacaukan penangkapan kuliah. Ikuti uraian dosen dengan seteliti mungkin. Lebih baik lagi dengan mengikutinya dengan mencatat. Sebab mencatat selain membantu memperkuat daya ingat, bisa juga membantu untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

3. Berusaha aktif dan berpartisipasi

Selama perkuliahan, hendaknya mahasiswa ikut aktif dalam kegiatan belajar di kelas. misalnya, berusaha konsentrasi, mengikuti dan menjawab pertanyaan dosen, bertanya jika tidak mengerti, mengadakan kegiatan dan sebagainya. Sebaiknya hindari unsur-unsur pasif, sebab hal ini akan merugikan diri sendiri.

4. Catat setiap persoalan yang tidak dimengerti

Catatlah setiap persoalan-persoalan yang mungkin timbul dan hal-hal yang benar-benar belum dipahami untuk dipelajari dirumah atau dicari dalam buku referensi. Catatlah setiap mata pelajaran yang diikuti pada lembaran-lembaran khusus, jangan dicampur menjadi satu, karena itu akan membuatnya susah untuk dipelajari kembali. Lembaran itu kemudian diberi batas untuk membedakan bahan kuliah yang satu dengan yang lain. Gunakanlah kertas berwarna sebagai batasnya.

5. Mencatat materi kuliah yang penting saja

Catatlah materi kuliah dari dosen tersebut pada bagian yang penting-penting saja. Tidak perlu mencatat seluruh kata demi kata. Catatan yang baik adalah yang telah dimengerti oleh otak, diorganisir dalam kepala dan kemudian ditulis dengan jelas diatas kertas. Untuk dapat membuat catatan yang baik tersebut anda perlu mengerti dengan uraian dosen dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

6. Membuat pokok pikiran materi kuliah menjadi beberapa bagian

Buatlah pokok-pokok materi yang disampaikan dosen menjadi beberapa bagian. Dengan kata lain membentuk struktur catatan seperti halnya buku pelajaran. Hal ini hendaknya dilakukan dengan usaha sendiri tanpa bantuan orang lain, apalagi menirukan catatan orang lain.

Post Title
6 Cara Belajar Yang Baik Dalam Kuliah
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?