5 Tipe Hasil Belajar, Berdasarkan Tujuan Belajar


Belajar tanpa tujuan adalah sesuatu yang sia-sia untuk dilakukan. Maka penting bagi mereka yang ingin belajar menentukan tujuan. Sehingga mereka dapat menentukan arah belajar dan tuntutan yang harus dipenuhi dalam belajar. Masing-masing tujuan belajar tersebut memsyaratkan sistem lingkungan belajar tertentu. Menurut 'Robert M. Gagne', dilihat dari tujuan belajar, ada lima tipe hasil belajar, yaitu.

1. Kemampuan Intelektual

Kemampuan intelektual merupakan sejumlah kemampuan mulai dari membaca, menulis, menghitung sampai dengan kemampuan memperhitungkan kekuatan sebuah jembatan atau akibat devaluasi.

2. Strategi Kognitif

Strategi kognitif merupakan kemampuan mengatur cara belajar dan berpikir seseorang, dalam arti yang seluas-luasnya. Termasuk juga kemampuan memecahkan masalah. Salah satu nama yang diberikan kelompok kemampuan ini adalah perilaku pengaturan diri atau self management behavior.

3. Informasi Verbal

Informasi verbal merupakan kemampuan menyerap pengetahuan dalam arti informasi dan fakta. Termasuk juga kemampuan untuk mencari dan mengolah informasi sendiri.

4. Keterampilan Motorik

Keterampilan motorik merupakan kemampuan yang erat dengan keterampilan fisik. Kemampuan seperti ini, misalnya keterampilan menulis, mengetik, menggunakan jangka, busur derajat dan lain sebagainya.

5. Sikap dan Nilai

Sikap dan nilai merupakan kemampuan yang erat hubungannya dengan arah serta intensitas emosional yang dimiliki seseorang, bagaimana dapat disimpulkan dari kecenderungan untuk bertingkah laku terhadap orang lain, barang atau kejadian. Sekolah hendaknya diharapkan dapat berperan dalam pembentukan sikap dan nilai. Misalnya sikap menghormati orang lain, kesediaan bekerja sama, tanggung jawab atau keinginan untuk terus menerus belajar dan sebagainya.

Artikel Terbaru: