5 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar





Sebelum mulai belajar perlu sekiranya untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi kelancaran belajar. Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi dalam persiapan ini, yaitu kondisi baik jasmani dan rohani, tempat, suasana, waktu dan alat-alat. Berikut keterangan lengkap hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai belajar tersebut.

1. Kondisi Diri

Dalam proses belajar ini, faktor kondisi dapat dibagi menjadi dua macam yaitu jasmani dan rohani. Berikut penjelasannya.

a. Kondisi jasmani

kesehatan jasmani mutlak diperlukan dalam belajar. Oleh karena itu, hendaklah pelajar/mahasiswa berusaha menekan gangguan kesehatan semaksimal mungkin. Kalau memang harus belajar dalam keadaan jasmani yang kurang sehat, minumlah obat terlebih dahulu sebelum memulai belajar. Dalam keadaan seperti itu, sekalipun besok harus menempuh ujian, hendaklah ia tidak terlalu memaksa diri untuk belajar. Hal ini tidak lain hanyalah untuk menjaga kesehatan, sebab kesehatan adalah mahkota yang teramat berharga.
Maka dari itu, hendaklah menjaga kesehatan. Mulailah untuk belajar hidup sehat. Paling tidak jadwal makan, istirahat, tidur, olahraga, rekreasi dan lainnya diatur dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, keadaan jasmani selalu terjaga dan tetap segar, bersemangat, bergairah dan senantiasa siap untuk belajar dan bekerja.

b. Kondisi rohani

Selain kesehatan jasmani yang baik, pelajar/mahasiswa juga perlu memperhatikan kondisi rohaninya. Mereka harus memiliki ketenangan jiwa dan pikiran. Mereka harus membuang jauh-jauh rasa benci, dendam, takut, khawatir, cemas, iri hati, dan sejenisnya.

Ciptakanlah pergaulan yang baik, menyenangkan dan menggembirakan. Untuk itu diperlukan memilih teman pergaulan yang tepat dan baik. Setidaknya mahasiswa/pelajar memiliki beberapa sifat-sifat baik berikut ini.
  • Rajin, ulet, cermat, dan teliti.
  • Tabah, ulet, dan percaya diri.
  • Disiplin, tahu tugas dan kewajiban.
  • Antusias, bersemangat, energik dan kreatif.
  • Tidak mudah putus asa dan patah hati, serta selalu berusaha ingin maju.
  • Lincah dan cekatan dan gemar membaca.
  • Bersih, rapi, hemat dan sederhana.
  • Tegas, berprinsip, dan tidak mudah terombang-ambing.
  • Sabar, jujur dan sportif.
  • Tidak egois, simpatik dan suka menolong.
  • Berani tapi sopan, tidak sombong dan tidak congkak serta hormat kepada teman.
  • Optimis, selalu ringan tangan, manis muka dan ramah.
  • Tahu harga diri dan bersusila.
  • Tidak pemalu atau rendah diri.
  • Bisa dipercaya dan bertanggungjawab.

2. Tempat Belajar

Untuk belajar hendaklah pelajar memilih tempat yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Tempat tersebut harus bersih, udara silih berganti, sinar matahari bisa masuk terutama pada pagi hari. Selain itu tempat tersebut harus rapi, bersih, teratur, jauh dari gangguan, hiruk pikuk dan lalu lalang orang, serta hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi belajar.

3. Suasana belajar

Suasana kamar belajar erat hubungannya dengan tempat belajar. Kalau tempat belajar baik, maka suasana pun menjadi baik. Suasana belajar dapat diciptakan dan diperbaiki asalkan ada kemauan dan tindakan. Sedangkan lingkungan disekitar kamar tidak akan terlalu berpengaruh.
Jika disekitar tempat belajar terdapat gangguan, seperti teman dan lainnya, maka perlulah sekiranya untuk mengatasinya terlebih dahulu. Sebab, mana mungkin dapat memperoleh suasana yang baik untuk belajar kalau di sekitarnya ada yang tidur, ada yang teriak-teriak, ada yang bergurau, ngobrol dan sebagainya. Ini jelas akan mengganggu konsentrasi belajar yang dilakukan.

4. Waktu belajar

Kapankah seorang harus belajar?, apakah pagi, siang, sore atau malam?. Sebenarnya diri sendirilah yang tahu, kapan waktu terbaik untuk belajar. Yang perlu diperhatikan, belajar itu ketika kondisi dan suasana memungkinkan dan menunjang belajar yang baik.

5. Alat-alat belajar

Sebelum belajar, hendaknya terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam belajar dengan selengkap mungkin. Dengan peralatan yang lengkap tersebut, maka belajarnya juga akan berjalan lancar tanpa gangguan.Peralatan tersebut misalnya Buku (buku pelajaran, buku catatan, buku untuk coret-coretan, dan lainnya) dan Alat-alat tulis (Pulpen dengan beberapa warna, pensil, tinta berbagai warna, penggaris, busur, jangka, penghapus dan sebagainya).

Post Title
5 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?