4 Sikap Baik Mahasiswa Yang Diperlukan Ketika Kuliah



Dalam masa kuliah, mahasiswa perlu memperhatikan sikap mereka dalam belajar. Sebab tanpa sikap yang baik membuat mereka akan kesulitan untuk bertahan terhadap berbagai kesukaran selama mengikuti kuliah di perguruan tinggi. Sikap belajar dalam kuliah ini mencakup beberapa 4 segi, yaitu.

1. Tujuan belajar

Belajar hendaknya diarahkan kepada tujuan (cita-cita) tertentu. Pada umumnya tujuan belajar pada perguruan tinggi berkaitan dengan tujuan hidup mahasiswanya. Dengan kata lain, perguruan tinggi mendidik mahasiswa mereka untuk menjadi seseorang dikemudian hari. Misalnya, perguruan tinggi kedokteran akan mendidik mahasiswanya untuk menjadi seorang dokter berkualitas di kemudian hari. Maka dari itu, penting sekiranya proses belajar yang dilakukan dihubungkan dengan tujuan atau cita-cita. Selain itu tanpa tujuan belajar yang jelas, semangat mahasiswa dalam belajar ketika kuliah akan mudah padam dan tidak terarah.

2. Minat kuliah

Setelah mulai memasuki dunia perkuliahan, hendaknya mahasiswa benar-benar menaruh minat terhadap berbagai pelajaran yang diikuti. Dalam hal ini diperlukan perhatian yang memusat (konsentrasi) terhadap pelajaran tersebut. Selain itu, dengan adanya minat terhadap pelajaran yang diikuti dapat menimbulkan kegembiraan dalam usaha belajar. Dengan kegembiraan tersebut maka daya kemampuan belajar juga meningkat. Sebab, tanpa rasa gembira, pelajaran yang diikuti akan terasa berat.

3. Kepercayaan diri

Mahasiswa hendaknya yakin bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berhasil dalam studinya. Mereka harus yakin bahwa mereka mampu untuk mengikuti kuliah dengan sebaik-baiknya. Keyakinan ini berhubungan dengan kepercayaan diri yang mereka miliki. Misalnya, Kepercayaan diri dalam menjawab pertanyaan saat ujian. Sebagian mahasiswa juga ada yang mengalami stres akibat kegagalan dalam ujian. Hal ini karena kurangnya kepercayaan diri dalam mahasiswa tersebut.

Lalu, kenapa apa yang menyebabkan rendahnya kepercayaan diri dalam diri mahasiswa tersebut?. Penyebab yang paling pasti adalah kurangnya persiapan, keragu-raguan akan kemampuan, ketakutan akan kegagalan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kepercayaan diri perlu dipupuk dan dikembangkan dengan cara belajar lebih tekun.

Terutama dalam mengikuti ujian, hendaknya mereka berusaha untuk mempelajari materi yang diujiankan. Dengan demikian, tidak ada lagi keragu-raguan dan ketakutan akan kegagalan. Jika itu terjadi, maka kepercayaan diri akan semakin besar.

4. Keuletan

Banyak mahasiswa tiap tahun yang masuk perguruan tinggi, tetapi yang dapat menyelesaikan kuliahnya hingga akhir tidak terlalu banyak. Biasanya hal ini terjadi karena kekecewaan terhadap proses belajar yang diikuti. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa bertahan hingga akhir di perguruan tinggi tersebut?. Pastinya mereka harus berani menghadapi segala kesulitan dan tidak mudah putus asa. Dengan keberanian dan sifat yang tidak mudah putus asa ini, akan membawa mereka sampai akhir.

Selain yang telah disebutkan diatas, perlu ditambahkan bahwa dalam kuliahnya, mahasiswa harus selalu berusaha untuk tertib mengikuti proses belajar. Berusaha untuk tidak menghindari pelajaran tertentu. Apa lagi, membiasakan memiliki sikap tak acuh terhadap pelajaran karena merasa lebih mengetahui apa yang dibicarakan.

Post Title
4 Sikap Baik Mahasiswa Yang Diperlukan Ketika Kuliah
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?