Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word


Ketika anda mendapat tugas membuat artikel, makalah, jurnal, proposal, bahkan buku, salah satu unsur pembentuknya adalah daftar isi. Biasanya daftar isi tersebut dibuat secara manual. Akibatnya daftar isi menjadi acak dan tidak rapi. Maka dari itu, perlu cara khusus untuk membuat daftar isi otomatis, sehingga daftar isi tersebut tertata dengan rapi.

Kebiasaan, orang-orang hanya akan memberi nomor pada daftar isi secara manual, lalu mengatur margin-nya. Simple memang, tetapi Hal ini dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja tidak dibenarkan. Terutama ketika anda membuat skripsi, barang tentu dosen anda akan mempertanyakannya seperti beberapa teman yang lain. Untuk itu tidak ada cara lain, kecuali anda menggunakan cara yang dibenarkan.

Lalu mengapa harus ribet-ribet?. Justru sebaliknya, dengan anda menggunakan cara manual seperti yang biasa dilakukan orang-orang yang lebih ribet. Berbeda jika menggunakan cara otomatis yang benar, daftar isi akan terlihat rapi dan penggunaannya menjadi lebih mudah.

Sebenarnya, dalam microsoft word telah terdapat tools khusus untuk membuat daftar isi tersebut. Hanya saja banyak yang tidak tahu cara menggunakan tools tersebut. Pada bagian ini akan dibahas sedetail mungkin cara membuat daftar isi secara otomatis menggunakan tools yang ada di microsoft office word tersebut.

1. Membuat makalah atau proposal dan sebagainya

Sebelum membuat daftar isi otomatis terbut, tentu saja anda harus mempunyai makalah/proposal terlebih dahulu. Namun, kita anggap anda telah mempunyai makalah. Maka langkah selanjutnya adalah membuat struktur heading pada makalah tersebut.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

2. Membuat Heading (Judul dan sub-judul)

Ingat, anda harus membiasakan membuat makalah atau proposal dengan struktur yang tertata dengan rapi dan benar. Struktur makalah tersebut, terdiri dari Title (kadang bisa dijadikan sebagai H1), heading 1 (H1), heading 2 (H2), heading 3 (H3) dan seterusnya. Perhatian gambar dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

3. Klik Menu References > Tabel of contents

Pada bagian “tabel of contents” terdapat beberapa pilihan, yaitu ‘automatic tabel 1, tabel automatic 2” merupakan perintah membuat daftar isi secara otomatis, dan ‘manual tabel’ untuk membuat daftar isi manual.

4. Pilih Automatic tabel 1

Dikarenakan pada saat ini, anda ingin membuat daftar isi makalah secara otomatis, maka pilih automatic tabel’. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

5. Selesai

Nah, sekarang anda telah berhasil membuat daftar isi makalah secara otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

6. Perhatikan

Agar setiap ada penambahan title atau subtitle, juga terisi secara otomatis pada daftar isi, maka jangan lupa membuat struktur Heading seperti yang telah dibahas pada no 2.


Artikel Terbaru: