Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru


Ketika seorang pelajar telah selesai dalam proses belajar mereka di tingkat sekolah menengah atas (SLTA), maka mereka akan mulai memasuki dunia perkuliahan. Sebelum bisa menjadi seorang mahasiswa di sebuah kampus, terlebih dahulu mereka harus dapat mengikuti berbagai tes yang disediakan oleh pemerintah maupun oleh kampus tersebut.

Tes tersebut merupakan syarat utama agar dapat diterima oleh kampus yang dituju. Secara umumnya, jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut dibagi menjadi 2 yaitu, jalur tanpa tes dan jalur tes. Jalur tanpa tes terdiri dari PMDK, PSB, PBUP, PNUAN. Sedangkan jalur tes terdiri dari PBT dan CBT. Umumnya tes seperti ini banyak dilakukan di kampus swasta.

Berikut keterangan yang lebih lengkap tentang berbagai macam jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Berbagai Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru
image : www.suara.com

Jalur Tanpa Tes

Jalur tanpa tes umumnya terdiri dari beberapa jalur yaitu.

1. PMDK (Penerimaan berdasarkan minat dan kemampuan)

PMDK ini ditujukan untuk semua siswa/siswi kelas XII SMA/SMK atau yang sederajat, yang memiliki minat dan kemampuan di bidang tertentu. Umumnya seleksi awal dari jalur tanpa tes ini adalah berdasarkan prestasi akademik kelas 10 s.d kelas XII (semester 1-5), dengan nilai rata-rata sesuai dengan yang ditetapkan kampus tersebut.

2. PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi)

PSB ditujukan bagi siswa/siswi yang berprestasi (menjadi juara/finalis) berbagai bidang, seperti olahraga, seni, budaya, penalaran (misalnya olimpiade, karya ilmiah, debat, dan sebagainya) di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.

3. PBUP (Penerimaan bibit unggul persyarikatan)

PBUP merupakan jalur tanpa tes yang ditujukan kepada angkatan muda aktif dalam organisasi, misalnya tapak suci, IPM, dan sebagainya.

4. PNUAN (Penerimaan berdasarkan Nilai ujian akhir nasional)

PNUAN merupakan jalur tanpa tes yang ditujukan kepada siswa/siswi kelas XII SMA/SMK atau sederajat yang sudah berhasil menempuh ujian akhir nasional (UAN) dan meraih nilai dengan rata-rata yang sesuai dengan ketetapan kampus tersebut.

Jalur Tes

Jalur tes umumnya terdiri dari beberapa jalur, yaitu.

1. PBT (Paper Based Test)

PBT merupakan jalur tes yang diselenggarakan dengan menggunakan soal dalam bentuk print-out (lembar kertas). Tes seperti ini sama dengan ujian harian yang biasa dilakukan ketika berada dibangku sekolah. Kelebihan jalur PBT adalah, sudah biasa dilakukan ketika di sekolah. Namun, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat melihat hasil tes yang dilakukan.

2. CBT (Computer Based Test)

CBT merupakan jalur tes yang diselenggarakan menggunakan komputer. Kelebihan CBT adalah hasil tes lebih cepat keluar, sehingga tidak harus menunggu lebih lama seperti PBT. Walaupun demikian, banyak juga calon mahasiswa yang kesulitan dalam mengikuti tes CBT ini.

Post Title
Beberapa Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?