6 Prinsip Mengajar Menurut James L Marsell


Mengajar menurut pengertian modern berarti aktivitas pengajar (guru, dosen) dalam mengorganisasikan lingkungan dan mendekatkannya kepada murid-murid (anak didik) sehingga terjadi proses belajar (Nasution 1935). Keberhasilan dalam mengajar tersebut tentu saja harus diukur dari bagaimana partisipasi anak dalam proses belajar mengajar dan seberapa jauh hasil yang telah dicapainya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, ahli-ahli dalam bidang ini mengarahkan perhatiannya pada tingkah lagu pengajar sebagai organisator proses belajar mengajar. Maka dari itu timbulah prinsip-prinsip mengajar atau disebut juga dengan azas-azas mengajar.

Prinsip atau azas-azas mengajar ini merupakan kaidah atau rambu-rambu bagi pengajar agar lebih berhasil dalam mengajar. Sebab adanya prinsip-prinsip ini adalah demi keberhasilan pengajar dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Sehingga hasil yang diinginkan menjadi maksimal dan tercapai. Menurut 'James L marsell', ada 6 prinsip mengajar yang perlu diketahui, yaitu prinsip konteks, prinsip fokus, prinsip urutan, prinsip evaluasi, prinsip individualisasi, dan prinsip sosialisasi.
6 Prinsip Mengajar Menurut James L Marsell

1. Prinsip Konteks

Mengajar dengan memperhatikan prinsip konteks ini, pengajar dalam menyajikan pelajaran hendaknya dapat menciptakan bermacam-macam hubungan dalam kaitan bahan pelajaran. Menghubungkan bahan pelajaran dapat menggunakan berbagai macam-macam sumber, misalnya surat kabar, majalah, buku perpustakaan, atau lingkungan sekitar. Dalam prinsip ini, pelajar atau mahasiswa akan mengetahui konteks dari bahan yang dipelajari tersebut. tanpa adanya konteks, pengetahuan satu dengan pengetahuan lain, biarpun terletak dalam satu rumpun, akan terpisah-pisah sehingga anak didik menjadi kurang kokoh.

2. Prinsip Fokus

Mengajar dengan memperhatikan prinsip fokus adalah pengajar dalam membahas pokok bahasan tertentu perlu menentukan pokok persoalan yang menjadi pusat pembahasan. Bila prinsip konteks mengharuskan guru menghubungkan bahan pengajaran seluas-luasnya, Maka prinsip fokus mengharuskan adanya pemusatan pokok persoalan. Dalam prakteknya, kedua-duanya harus dilaksanakan sehingga saling melengkapi. Kedua prinsip itu merupakan kriteria mengajar yang efektif.

3. Prinsip Urutan

Mengajar dengan melaksanakan prinsip urutan adalah materi pengajaran yang hendaknya disusun secara logis dan sistematis. Sehingga mudah untuk dibahas dan dipelajari. Urutan bahan pelajaran hendaknya menunjang proses belajar mengajar. Dalam hal ini, pengajar terlebih dahulu harus merinci kegiatan-kegiatan mana yang harus dilakukan dahulu dan mana selanjutnya.

4. prinsip Evaluasi

Prinsip ini menekankan bahwa guru dalam mengajar tidak boleh meninggalkan kegiatan evaluasi. Evaluasi merupakan kegiatan integral dalam mengajar. Kegiatan evaluasi berfungsi mempertinggi efektivitas belajar, menimbulkan dorongan murid untuk lebih meningkatkan belajarnya dan memungkinkan pengajar untuk memperbaiki metode mengajar yang dilakukannya. Evaluasi ini dapat dilakukan baik secara tertulis maupun secara lisan dalam bentuk assasment.

5. Prinsip individualisasi

Melaksanakan prinsip individualisasi diwujudkan dalam bentuk mengajar hendaknya memperhatikan perbedaan antara individu anak didik. Murid sebagai makhluk individu berbeda-beda, baik dari segi mental, misalnya intelegensi, bakat, minat dan sebagainya, maupun perbedaan dalam kecenderungan, misalnya lebih baik dalam bidan estetika namun kurang dibagian lain, dan sebagainya. Perbedaan individu tersebut dapat dilakukan dalam pemberian pelayanan pelajaran.

6. Prinsip sosialisasi

Prinsip ini menekankan bahwa guru dalam mengajar hendaknya menciptakan suasana belajar yang menimbulkan sikap saling kerja sama antar muridnya, dalam mengatasi masalah. Cara belajar seperti itu memiliki dua keuntungan, yaitu dapat membina dan mengembangkan kepribadian siswa terutama sikap demokrasi, yang kedua adalah pengetahuan anak akan bertambah kokoh sebab didalam proses belajar diantara mereka terjadi saling memberi dan menerima.

Post Title
6 Prinsip Mengajar Menurut James L Marsell
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?