Kumpulan Modul Materi Teori Statistika Lengkap


Kumpulan Modul Materi Teori Statistika Lengkap
Kata statistika berasal dari bahasa latin modern, yaitu statisticum collegium, artinya dewan negara. Kata statistika juga berasal dari bahasa italia yaitu "statista", artinya negarawan atau politikus. Orang pertama yang menggunakan istilah tersebut adalah "Gottfried achenwall". Ia mengambil kata statista karena melihat bahwa mula-mula menyadari kegunaan data atau keterangan tentang rakyat adalah negara. Pada tahun 1749, ia menggunakan istilah statistik dalam bahasa jerman dalam tulisannya yang berjudul staatsverfassung der heutigen vomehmsten europaischen reiche und volker im grundrisse. Kata statistik digunakannya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, dengan mengartikan kata tersebut sebagai “ilmu tentang negara”. Para ekonom jerman menyebutnya dengan “Bapak statistika”.


Secara umum arti statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, pengolahan data, dan penganalisisan data serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan. Statistika juga dapat diartikan menjadi 2 macam yaitu arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit statistika diartikan  sebagai data, sedangkan dalam arti luas statistika diartikan sebagai alat yaitu alat untuk menganalisis data dan alat untuk membuat keputusan.

Hingga saat ini ilmu statistika merupakan ilmu yang sangat penting dan perlu di pelajari. Dalam ilmu statistika tersebut banyak sekali materi-materi yang harus di pelajari. Berikut beberapa materi dasar yang akan di uraikan pada masing-masing pembahasannya:

PENGENALAN TEORI STATISTIKA

Hal yang perlu di ketahui dalam mempelajari statistika adalah macam-macam statistika dan jenis – jenis data statistika. Lalu populasi dan sampel serta manfaat pembelajaran statistika. Selengkapnya.

DISTRIBUSI FREKUENSI

Disribusi frekuensi adalah tabel tentang kelompok data yang terdiri kolom kelas dan kolom frekuensi. Tujuan dari tabel frekuensi ini adalah untuk memudahkan dalam penyajian data, mudah dipahami dan dibaca sebagai bahan informasi. Selengkapnya..

UKURAN TENDENSI SENTRAL

Ukuran tendensial sentral adalah suatu nilai yang mewakili semua nilai observasi dalam satu nilai. Nilai disini adalah gambaran dari kondisi suatu data. Ada beberapa macam ukuran tendensi sentral yaitu mean, median, modus. Selengkapnya...

DISTRIBUSI PROBABILITAS

Distribusi frekuensi merupaka cara yang lebih sederhana untuk menyelesaikan probabilitas dari peristiwa yang bersifat independen dan dependen. Peristiwa independen merupakan peristiwa yang terjadi yang tidak mempengaruhi peristiwa yang berikutnya. Peritiwa dependen adalah peristiwa yang mempengaruhi peristiwa lain. Pada berbagai peristiwa dalam probabilitas jika frekuensi percobaan banyak, maka untuk peristiwa yang bersiftat independen dan dependen akan mengalami kesulitan dalam percobaan. Selengkapnya..

PENAKSIRAN

Dalam membuat suatu pendugaan diperlukan konsep probabilitas karena sangat berguna dalam pembuatan keputusan pada kondisi ketidakpastian. Setiap orang pasti pernah membuat suatu dugaan sama halnya dengan manajer, juga harus menduga-duga. Seringkali mereka dituntut untuk membuat dugaan yan rasional dalam kondisi yang penuh ketidakpastian tanpa informasi yang lengkap. Ketidakpastian masa depan adalah tantangan terbesar bagi manajemen. Agar dugaan yang dilakukan dapat memberikan suatu dugaan yang baik, maka mereka harus menguasai konsep dugaan secara statistik.

PENGUJIAN HIPOTESIS DATA

Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara terhadap maslah penelitian yang keberannnya masih diuji secara empiris. Dalam pembuktian hipotsis tersebut dikumpulkan data populasi atau sampel. Data tersebut diolah untuk memperoleh inforamsi yang dapat digunakan dalam pembuatan keputusan mengenai pembenaran asumsi hipotesis tadi. Selengkapnya...

REGRESI DAN REGRESI NON LINEAR

Analisis regresi pertama kali diperkenalkan oleh Sir Francis Galton pada tahun 1886. Galton menemukan adanya tendensi bahwa orang tua yang memiliki tubuh tinggi, memiliki anak yang tinggi pula dan begitu juga sebaliknya. Galton mengamati ada kecenderungan bahwa anak tinggi anak bergerak menuju rata-rata tinggi populasi secara keseluruhan. Dengan kata lain, ketinggian anak yang amat tinggi atau orang tua yang aman pendek cenderung bergerak kearah rata-rata tinggi populasi. Akhirnya semua hal ini dikenal dengan hukum Galton mengenai regresi universal. Selengkapnya.

NON PARAMETRIK

Uji statistik non parametrik merupakan suatu uji statistik yang tidak memerlukan adanya asumsi-asumsi mengenai sebaran data populasinya. Maka dari itu statistik ini juga dikemukakan sebagai statistik bebas sebaran. Statistika non parametrik dapat digunakan untuk menganalisis data yang berskala nominal atau ordinal. Data yang berskala ordinal atau nominal tidak menyebar secara normal. Statistik ini juga digunakan pada data yang berjumlah kecil, atau kurang dari 30. Selengkapnya..

KUALITAS INSTRUMEN

Kesimpulan penelitian yang berupa jawaban terhadap masalah penelitian dibuat berdasar hasil analisis data. Kesimpulan tersebut dibuat tergantung pada kualitas data yang dianalisis dan instrumen penelitian yang digunakan. Terdapat dua konsep pengujian kualitas data yaitu uji reliabilitas dan uji validitas. Kesimpulan penelitian akan menjadi bias jika ternyata data yang digunakan tidak valid dan tidak reliabel. Selengkapnya..

Post Title
Kumpulan Modul Materi Teori Statistika Lengkap
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published: