Mengenal Sejarah Perkembangan Internet


Mengenal Sejarah Perkembangan Internet
Internet adalah suatu jaringan komputer dalam skala global, artinya antara komputer yang satu dengan yang lainnya saling terhubung untuk keperluan informasi dan komunikasi. Internet sering juga disebut dengan interconnected-network. Internet juga sering diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh pemilik jaringan komputer dan pemilik komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.

Internet merupakan salah satu penyebab terjadinya globalisasi.  Internet tidak menghiraukan batas-batas negara.  Internet juga dijadikan sarana untuk bertukar informasi di seluruh dunia. Internet merupakan sarana informasi dengan akses yang sangat cepat.
Lalu bagaimana sejarah berdirinya internet?.

Semua bermula dari kegiatan penelitian yang dilakukan  oleh salah satu lembaga pertahanan amerika serikat.

Pada tahun, 1969 advanced research project agency membuat sebuah jaringan yang digunakan untuk keperluan penelitian.  Jaringan tersebut dinamakan arpanet. Selanjutnya jaringan tersebut digunakan oleh university of california untuk keperluan penelitian. Sejak saat itu internet kemudian meluas, meskipun masih dalam ruanglingkup yang kecil atau dalam kalangan terbatas.

Pada tahun 1986, internet dipergunakan secara nyata dan meluas untuk kalangan umum. Jumlah pengguna internet ternyata cukup banyak, hampir setiap lembaga yang ada didunia membuat dan menggunakan jaringan internet untuk kebutuhan pengiriman data dan  sarana komunikasi.

Pada tahun 1991, nation research and education network membuat jaringan baru yang dinamakan dengan NREN yang bertujuan untuk mengadakan riset jaringan berkecepatan tinggi.

Pada tahun 2005, menurut lembaga penelitian IDC diperkirakan hampir satu miliar penduduk dunia terhubung dengan jalur internet.

Perkembangan penggunaan internet di indonesia juga tidak kalah cepat dibanding dengan negara lain.  Menurut data asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia sebanyak 2,4 juta orang pada tahun 2001 telah terhubung dengan internet.

Pada tahun 2004, jumlah pengguna internet di indonesia mencapaki 4 juta orang.
Hingga saat ini, hampir setiap orang yang ada didunia menggunakan internet. Apalagi ditambah dengan akses untuk mendapatkannya sudah semakin mudah.

Lalu setelah internet berkembang dengan pesatny, aplikasi atau layanan yang ada di internet itu sendiri pun semakin berkembang. Hingga saat ini tak terhitung lagi berapa banyak layanan yang bisa ditemui di internet. Ada beberapa aplikasi internet yang mengalami perkembangan yang sangat pesat awal mula internet berkembang, diantaranya:

1. world wide web atau www

Merupakan aplikasi atau layanan yang berisi dokumen-dokumen yang ada di internet berasal dari seluruh dunia.  Dokumen tersebut dibuat dalam format hypermedia. HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link antar sebuah dokumen dengan dokumen lain.

2. eletronic mail (E-Mail)

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan surat-menyurat antar email account. E-mail lebih mudah digunakan serta murah.

3. internet Relay Chat (IRC)

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet secara online. Seringkali disebut dengan chatting. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengaksesnya untuk berkomunikasi secara tekstual.

4. Mailling list (milis)

Merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Setiap E-mail yang dikirim secara otomatis akan terkirim kepada seluruh anggota.

5. NewsGroup

Merupakan aplikasi diinternet untuk berkomunikasi dalam satu forum tertentu. Sarana yang digunakan bisa berupa audio visual dengan fasilitas Video conference.

6. File Transfer Protocol (FTP)

Merupakan aplikasi atau layanan yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari sebuah komputer terhubung ke komputer lain.

7. Packet internet Gopher

Merupakan aplikasi untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempunyai koneksi dengan komputer lain di internet.

Itulah beberapa jenis layanan dan aplikasi yang lebih dahulu berkembang setelah internet mengalami perkembangan yang pesat. perkembangan tersebut terjadi karena memang internet dengan berbagai layanan yang ada di dalamnya terbukti sangat membantu para penggunanya. Dahulunya ada banyak kegunaan dari internet, diantaranya
  1. mengurangi biaya bagi organisasi dalam menjalankan operasi perusahaan
  2. sebagai media promosi produk perusahaan.
  3. sebagai sarana komunikasi interaktif
  4. sebagai sarana pertukaran data dan informasi
  5. memperluas jangkauan pasar atau sistem perdagangan
  6. membuat perbankan semakin intensif dalam menjalankan aktivitasnya dan memungkinkan transaksi online nasabah bank tersebut.
  7. mengambil informasi yang ada di internet.
Itulah kegunaan internet bagi para penggunanya terdahulu. Hingga saat ini pun masih seperti itu. Selain internet ada juga sebuah jaringan berskala kecil atau hanya untuk instansi tertentu, yaitu intranet.
Intranet adalah jaringan komputer yang saling terhubung, yang digunakan suatu sistem organisasi dengan luas tertentu.  Misal untuk perusahaan tertentu atau organisasi tertentu. Intranet berfungsi menghubungkan antar komputer dalam suatu instansi. Sama halnya dengan internet, namun intranet tidak seluas dan seberagam internet. Fungsi intranet adalah untuk mempercepat akses informasi, memungkinkan pertukaran data, mendukung terwujudnya administrasi yang bersifat paperless.

Post Title
Mengenal Sejarah Perkembangan Internet
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published: